Beranda > HP Touch Screen, Nokia, Ponsel Branded, Ulasan > NOKIA 5800 : HP TOUCH SCREEN TERLENGKAP

NOKIA 5800 : HP TOUCH SCREEN TERLENGKAP


nokia5800sdeMelihat pasar ponsel pintar layar sentuh (touch screen) yang semakin digemari, terutama setelah Apple sempat membuat gebrakan luar biasa di dunia seluler dengan IPhone-nya, Nokia melihat ini sebagai kesempatan untuk meningkatkan penjualan produk ponselnya. Nokia pun membuat gebrakan dengan mengeluarkan ponsel layar sentuh atraktif yang masuk ke dalam tipe Xpress Music.

Desain dan Dimensi

Ponsel ini berbentuk candybar yang didominasi oleh layar sentuh. Hanya ada tiga tombol di bagian bawah layar, yaitu tombol “Call” (Berwarna hijau), “End Call” (Berwarna merah) dan “Menu” (Di tengah). Sistem sentuh yang diadopsinya adalah Resistive, bukan Capasitive seperti yang diadopsi IPhone, sehingga kita tidak bisa menggunakan sapuan jari untuk menggunakan ponsel ini. Sistem touchnya hanya menerima tekanan-tekanan saja (baik jari maupun stylus), kecuali untuk membuka file foto/gambar, sapuan jari bisa digunakan.

100_0653

Ponsel ini memiliki bodi cukup bongsor dan agak tebal, hampir serupa dengan Nokia N78. Panjangnya 111 cm dan lebarnya 51,7 cm dengan tebal 15,5 cm. Saya pribadi melihat bahwa desain produk-produk besutan Nokia masih kalah jika dibandingkan dengan Samsung, LG atau Sony Ericsson, karena kebanyakan produknya berdimensi cenderung tebal (tidak tipis). Bahannya pun didominasi dengan material plastik solid berwarna hitam dengan alur warna merah di sisi bodi ponsel. Karena itu bobotnya relatif ringan dengan berat  hanya 109 gr.

5800-buttons-tb 5800-top-tb

side1-tb side2-tb

Di bagian kanan bodi ponsel, terdapat tombol pengunci layar dan tombol volume. Di bagian kirinya terdapat slot untuk kartu SIM dan memori eksternal Micro SD (hotswap). Nokia 5800 telah memberikan bonus 8G Micro SD. Dibagian atas terdapat tombol on/off, audio jack female 3,5 mm dan slot kabel data. Bodi belakang terdapat lensa kamera 3.2 MP autofokus dengan optik Carl Zeiss, dan dua buah LED Flash (yang satu infrared).

Layar & Interface

100_0657

Layarnya 3,2 inci 16 juta warna dengan resolusi 360 x 640 piksel dan rasio 16:9 sehingga layarnya tampak terang, jernih dan bagus. Hanya saja layarnya mudah kotor karena sidik jari yang tertinggal, sehingga perlu dibersihkan setiap waktu. Di bagian atas layar, sebelah kanan tulisan XpressMusic terdapat shortcut yang bisa ditekan. Di atasnya lagi terdapat kamera VGA untuk video call.

Sistem layar adalah resistive, yang lebih responsif terhadap berbagai tekanan baik jari tangan, stylus maupun plectrum (diberi juga dalam paket penjualan)

Nokia 5800 XM, menggunakan sistem operasi S60 5th edition simbian 9.4. Ini sistem simbian pertama Nokia untuk ponsel berbasis layar sentuh. Kinerja cukup baik, respon sentuh cepat dan jarang nge-hang seperti ponsel berbasis windows mobile.

Di sisi interface, Nokia 5800 terbilang biasa saja dan standar. Masih kalah dengan interface hape touchscreen keluaran HTC dengan Touch-Flo-nya. Bahkan Nokia 5800 juga tidak memiliki efek UI atau efek penggantian menu yang interaktif.

Multimedia

100_0658

Termasuk dalam jajaran Xpress Music, tentu saja fitur multimedia menjadi andalan utamanya. Fitur pemutar audionya komplit, ada 8 pillihan equalizer untuk lebih memantapkan suara. Suara dari speaker terdengar bersih, walau tidak begitu keras. Suara akan lebih bagus lagi apabila menggunakan headset bawaannya. Radio FM-nya juga sudah RDS dan bisa menyimpan 20 stasiun Radio favorit.

Nokia 5800 XM support games NGage Touch Screen. Sudah ada beberapa games gratis di dalamnya. Yang paling asik dari game ini adalah karena hape ini sudah menudukung accelerometer. Sehingga untuk memainkan balap mobil cukup memiringkan hape ke kiri atau ke kanan.

Kamera 3.2 MP Carl Zeis dengan dual LED Flash-nya bisa dikatakan bagus untuk merekam momen-momen penting dan berharga. Video recordernya pun kualitasnya setingkat DVD, sangat bagus dengan 30 frame per second (fps).

Konektivitas dan Internet

Nokia 5800 XM memiliki fitur koneksi yang sangat komplit. Ada wifi, HSDPA (3.5 G), UMTS (3G), EDGE (2.5G) dan bluetooth. Browser bawaan Nokia ini cukup baik, namun tidak sebaik opera mini dari sisi tampilan dan kecepatan. Nokia 5800 juga memiliki fasilitas Pull Mail yang sangat mudah digunakan dan otomatis. Jika ingin push email ala Blackberry, bisa menginstall Nokia Messaging secara gratis di ovi store. Nokia Messaging ini benar-benar bisa menerima email secara real time, namun sayangnya sangat menguras baterai. GPS dengan Nokia Map-nya juga sangat bagus dan membantu untuk navigasi di jalan.

Baterai

Untuk sekali charge dengan pemakaian normal dan sedikit internet bisa bertahan 2-3 hari. Namun jika digunakan untuk internet baik dengan wifi maupun HSDPA (GPRS), bisa setiap hari ngecharge.

Opini & Pengalaman Pribadi :

Pertama beli hape ini, tidak bisa menginstall hampir semua aplikasi di Ovi Store. Ternyata setelah diupgrade firmwarenya, langsung bisa. Jadi, apabila Anda membeli hape ini, segera update firmwarenya, bisa dengan cara datang langsung ke Nokia Care (gratis) ataupun mengugrade sendiri dengan PC Suite dan koneksi internet.

Secara keseluruhan ketika menggunakan hape ini, bisa dikatakan hape yang komplit dengan harga yang cukup terjangkau (terlebih saat ini harganya sedang turun mencapai 2.7 jutaan).

About these ads
  1. 20 Oktober 2009 pukul 01:50

    lumayan sepertinya
    bener nih jarang nge hang ?

    Pengalaman pake sih jarang hang. Kecuali jika terlalu banyak aplikasi dan program yang diinstall dan dijalankan.

  2. niar
    19 November 2009 pukul 13:18

    kl dibandingkan dengan samsung star s5233/ s5233w/ s5603 n corby ? sy tertarik dgn hp touchscreen…ada saran ?

    Kalo dari sisi kelengkapan, sistem operasi dan konektivitas Nokia 5800 lebih jago dibandingkan Samsung Star maupun Corby Touch. Namun, untuk interface, Samsung Star dan Corby Touch saya lihat lebih interaktif, dengan adanya UI Cartoon dan widget yang dpt diatur dg cara drag and drop. Jika Anda menginginkan fitur yang lengkap, baik berupa urusan fitur office/enterprise, internet dg HSDPA + WIFi, OS Symbian yg opensource dan banyak aplikasi 3rd edition yg bisa ditambahkan, dan budget yg lebih besar, maka Nokia 5800XM saya rasa lebih worthed…
    Namun, jika budget Anda hanya 2.5 juta ke bawah, namun ingin mendapatkan hape touchscreen yg atraktif dan menarik, maka Samsung Star dan Corby Touch bisa jadi alternatif…

  3. abeth
    12 Desember 2009 pukul 02:42

    informasi harganya bisa diliat dimana yak??

    Bisa dilihat di tabloid pengulas ponsel seperti Sinyal, Pulsa, Buyer’s Guide, dll. Kisaran harganya kini sekitar 2.7 jutaan

  4. Rijadh Djatu Winardi
    19 Desember 2009 pukul 03:56

    Saya tertarik dengan Nokia 5800 namun ada yang ingin saya ketahui yaitu adakah fitur Document viewer (Word / Excel / PowerPoint / PDF) dan Document Editor untuk file office?

    Di Nokia 5800 ada document viewer dan editornya, yang bisa didownload dari ovistore, dan saat ini masih gratis. Sayangnya utk fungsi editingnya tdk full free edition.

  5. iwan ms
    27 Desember 2009 pukul 08:57

    katanya 5800 XM adalah produk yg gagal ? sy pengen beli cm ragu.

    Istilah produk gagal itu sebenarnya kurang tepat, apalagi jika disematkan ke Nokia 5800 XM. Darimana bos denger kalo hape ini produk gagal? Ane make hampir setahun ini baik2 aja dan memuaskan. Bahkan, Nokia 5800 ini termasuk ponsel layar sentuh terkomplit dengan harga relatif terjangkau.

  6. alif ananta
    29 Desember 2009 pukul 01:44

    kalo dibandingin dengan nokia 5530 XM, mana lebih bagus dengan 5800 XM ?

    Dari sisi kelengkapan fitur, jelas 5800 lebih unggul dengan jalur koneksi sudah HSDPA, sedangkan 5530 masih EDGE. Namun kedua-duanya sudah disuntikkan fitur WiFi. Walaupun diklaim 5530 adalah versi affordable atau ekonomisnya 5800, namun harga keduanya tidak terpaut jauh. Mungkin, kelebihan 5530 dari 5800 hanya dari desain yang lebih ramping. Adapum fitur lainnya secara umum hampir sama.

  7. Handrey
    3 Januari 2010 pukul 15:41

    mas”,,
    itu kok lebarny 51 CENTImeter yak??
    panjangny 111 CENTImeter??
    itu HP ato keyboard mas??
    wkwkwkwkwk…

    Iya bos, keliru itu mm. Sudah sempat dikoreksi di atas tapi belum sempat direvisi.

  8. felicweet
    7 Januari 2010 pukul 12:28

    handphonenya keren nich!dan cocok buat kayanya nich!emang bener sich!he…he…he…Gw GR nich!

    Emang bagus :)

  9. felicweet
    7 Januari 2010 pukul 12:29

    <3

  1. No trackbacks yet.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: