Beranda > HP Qwerty, Ponsel Lokal/Cina, Ulasan, Venera > VENERA VOYAGER V1 : QWERTY MUNGIL DENGAN FITUR RAKSASA

VENERA VOYAGER V1 : QWERTY MUNGIL DENGAN FITUR RAKSASA


 

Termasuk pendatang baru di pasar ponsel Indonesia, Venera yang merupakan merk paten di Amerika Serikat, mengeluarkan produk perdananya yang menawarkan ponsel full-qwerty mungil dengan fitur yang besar dan lengkap. Sebagian orang yang pernah melihat ponsel ini, mungkin menyangka bahwa ponsel ini adalah Alcatel OT-800, sebab desain bahkan fitur dan jeroannya pun serupa. Iya, ponsel ini bisa dikatakan rebranding dari Alcatel OT-800. Apa saja sih kelebihan dan kekurangan ponsel ini? Bagaimana kinerja dan fitur-fiturnya? Maka untuk itu saya akan mengajak rekan-rekan sekalian untuk mengupas lebih jauh ponsel qwerty ini.

Desain dan Material

Venera Voyager V1 (selanjutnya disebut VV1) berbentuk bar/batang dengan full qwerty pad. Bentuknya ramping untuk ukuran ponsel qwerty dengan desain yang memikat. Di sisi bodi, terdapat lintasan warna yang mengitari bodi yang kontras dengan warna hitam ponsel dengan material glossy yang mengkilap. Ujung sudut bawah dan atas bodinya melengkung oval dan bagian bawah dan atasnya memiliki kontur melandai yang tampak elegan dan menawan.

Apabila kita mengamati bagian depan ponsel, ada tiga bagian yaitu : layar yang berukuran 2,2 inci, tombol navigasi di tengah bodi dan qwerty pad yang tersusun rata dan sejajar. Ukuran layar ponsel memang tidak begitu besar, namun sudah cukup untuk melihat gambar, video dan foto. Yang menarik dari desain ponsel ini adalah, pada bagian tengah di sekitar tombol navigasi, terdapat baluran warna yang tampak terdegradasi yang memiliki warna yang sama dengan lintasan samping ponsel. Sehingga ponsel tampak elegan dan unik.

Tombol navigasinya berbentuk lingkaran seperti ban berada di tengah ponsel. Di sisi kanan dan kirinya, terdapat tombol “call” dan “end/on-off” dengan bentuk setengah lingkaran yang terkesan fungky dengan kontur meninggi di sisinya. Sedangkan diantaranya, terdapat dua tombol soft key kiri kanan dan tombol kamera (di kiri bawah) dan messaging (di kanan bawah).

Bagian belakang ponsel, didominasi oleh warna hitam dengan material plastik solid bercampur karet keras. Di bagian pojok kanan atas, terdapat lensa kamera 2 MP dan agak ke bawah sedikit ke tengah, terdapat dua lubang berbentuk garis (seperti angka sebelas) sebagai speaker. Di sisi bawah dan atas tidak terdapat port atau lubang apapun. Di sisi bagian kanan ponsel bagian bawah, terdapat slot Micro SD hot-swappable, sedangkan di sisi kiri terdapat thumb pad scroll yang menarik dan USB port untuk charge dan headset.

Penilaian pribadi : Desain VV1 bagus dan menarik, tampak trendi dan atraktif. Material juga kokoh dan bagus, hanya saja bodi belakang walaupun tidak glossy tetap mudah kotor meninggalkan sidik jari yang berminyak/berkeringat.

Layar dan Interface


Layar berdimensi 2.2 inci dengan kedalaman warna TFT 262.144 dengan resolusi 240×320 piksel. Dengan resolusi dan kedalaman warna ini, VV1 dapat menampilkan layar yang jernih, cerah dan bagus. Saya rasa kualitasnya jauh di atas layar NexianBerry, IMO-Berry maupun ponsel lokal lainnya.

Canggihnya, kita dapat menambahkan widget ke layar utama (home screen) seperti widget accuweather, RSS news, clock dan lain sebagainya. Apabila thumbpad scroll kita tekan, akan muncul side widget yang berfungsi sebagai shortcut untuk menu favorit. Kita dapat memilih menu dengan menggulirkan thumbpad dan mengeksekusi menu dengan cara menekannya. Demikian juga, efek UI tampak memikat ketika kita mengeksekusi sebuah menu. Tampilannya seperti kubus yang yang diputar (seperti touch flo pada HTC).

Matriks menu yang tertampil pada layar adalah 4×3. Interfacenya cukup bagus. Dengan latar belakang hitam yang gelap diiringi dengan warna menu yang cerah. Pada menu yang kita pilih, cursor cahaya melingkar yang meng-higlight menu akan semakin tampak kontras dengan latar. Walaupun dimensi matriks tampilan hanya 4×3, namun kita tetap dapat mengakses menu lainnya dengan menggeser turun ke bawah menu-menu lainnya. Kita juga dapat menampilkan aplikasi java yang kita install ke halaman menu.

Penilaian Pribadi : Cukup atraktif dan menarik.

Tombol dan Keypad

Qwerty pad pada VV1 berukuran kecil-kecil yang tersusun rata dan berjajar rapi dengan adanya gap/celah antara satu tuts dengan tuts lain. Ukurannya yang kecil, cukup susah untuk sebagian orang yang berjempol besar, walaupun demikian keberadaan gap antar tuts cukup membantu. Qwerty pad-nya cukup enak dipakai, lumayan empuk dan responnya cepat. Selain itu, tombol caps lock dan fn dapat berfungsi dengan baik, tidak seperti beberapa ponsel lokal yang untuk merubah huruf agak ribet karena harus masuk ke pengaturan input type dulu.

Tidak ada sama sekali tombol shortcut di bagian qwerty pad, baik untuk kamera, messaging atau selainnya. Yang ada hanya fungsi lock apabila kita menekan tombol spasi agak lama. tombol-tombol navigasinya juga enak dan empuk, hanya saja untuk tombol soft key dan tombol shortcut untuk messaging dan kamera berbentuk ramping memanjang sehingga acapkali meleset ketika memencetnya. Thumbpad scroll di sisi kiri ponsel juga cukup empuk ketika ditekan, dan cukup mudah ketika digulirkan, sebab ada gerigi kecil pada sisi luarnya sehingga tidak licin.

Penilaian Pribadi : Walaupun qwerty pad berukuran kecil, saya masih dapat merasakan nyamannya mengetik pesan.

Multimedia

Kamera real 2 MP tanpa ada interpolasi dengan ukuran 1600×1200. Hasil jepretannya standar dan lebih bagus apabila dibandingkan kamera 2 MP Titan T999, SPC Boss 1000 atau D-One DG628. Hasilnya memiliki gradien dan ritme warna yang lebih alami dan tidak ada over exposure seperti kamera ponsel lokal lainnya, pada kondisi cahaya yang cukup. Di tempat yang kurang cahaya (indoor), hasil kamera VV1 kurang jelas dan tampak blur. Kualitas pengambil videonya juga pas-pas-an, namun jauh lebih bagus jika dibandingkan kamera 2 MP ponsel lokal.

Music Playernya, bisa dikatakan cukup mumpuni dan lengkap. Kita bisa mengakses lagu menurut artists, genre, folders dan albums. Kita juga bisa memasukkan file MP3 favorit kita ke My Star List (seperti Playlist). Equalizer-nya juga sudah lengkap, ada bass, dance, classic, treble, party, pop, rock dan normal. Bahkan display pemutar musiknya bisa kita pilih untuk menampilkan spectrum, song info maupun lirik. Keluaran suara dari speakernya jernih dan lembut serta dentumannya halus. Pada volume maksimal, kualitas suara juga masih oke dan suara tidak pecah.  Video playernya juga bagus, walaupun hanya support 3GP dan Mpeg4.

Radio FM-nya sudah support RDS (Radio Data System) dan mampu menyimpan 40 stasiun radio favorit kita. Kualitas keluaran suaranya pun juga jernih dan bersih, tidak ada suara gemerisik dan noise-nya. Namun, sebagaimana umumnya, radio ini hanya bisa diakses dengan headset sebagai antena.

Tidak lupa pula bahwa ponsel ini support G-Sensor dan motion control, yang dapat merubah image, music ataupun radio dengan cara menggoyangkannya. Selain itu, ada dua game free yang sudah tertanam di ponsel ini, yaitu Balance Ball dan Motor Boat, dimana game ini bisa dimainkan dengan fitur Motion Control, dengan cukup memiringkan dan menggoyangkan ponsel untuk memainkannya. Cukup asyik…

Penilaian Pribadi : Fitur multimedia VV1 sangat lengkap dan cukup berkualitas. Kita juga bisa memasukkan file mp3 kita sebagai ringtone maupun sms tone. Uniknya, apabila ponsel kita berdering ketika kita di tengah rapat atau kuliah, cukup balik dan telungkupkan ponsel maka deringnya akan mati sendiri.

Konektivitas dan Internet

Untuk koneksi internet, ponsel ini sudah support GPRS 12 dan EDGE 12. Browser bawaannya adalah WAP 2.0 ditambah dengan aplikasi OperaMini V.4 yang sudah tertanam default. Aplikasi lain yang juga sudah default tertanam adalah Palringo, facebook, weather dan RSS News. Saya mencoba browsing dengan WAP browser dan opera mini dengan kartu indosat, cukup lancar (tergantung lokasi, sinyal dan jaringan).

Untuk pertukaran data, bisa dilakukan via USB dan Bluetooth 2.0 (A2DP). Kemudian ada fasilitas sinkronisasi yang juga bisa dilakukan OTA (Over The Air) dengan akun google atau MSN. Email dengan fasilitas POP3/IMAP juga siap untuk digunakan.

Baterai

Kapasitas baterai adalah 850 mAh. Pengalaman saya menggunakan hape ini untuk online internet dengan intensitas sedang, telpon dan sms seperlunya dan memutar mp3, baterai perlu dicharge hampir setiap dua hari lebih.

Penilaian Pribadi :

Kelebihan : Desain bagus, interface menarik, fitur lengkap dan bagus, qwerty cukup empuk, thumbpad atraktif dan layar screen yang widgetizeable.

Kekurangan : Kamera tidak autofokus dan kurang cerah, menu tidak bisa dikustomisasi menurut folder sehingga tertampil semua, ada logo operator telkomsel (walaupun dibundling telkomsel tapi tidak dilock).

Kesimpulan : Melihat kinerja hape yang cukup baik, responsif, bisa diinstal dengan puluhan aplikasi java dan hampir semuanya kompatibel, dan kualitas yang lebih baik daripada rivalnya ponsel cina/lokal, saya rasa ponsel ini bisa dijadikan pilihan bagi yang menginginkan ponsel qwerty dengan desain yang trendi dan atraktif. Walaupun posturnya lebih mungil dibandingkan qwerty lainnya, tapi fiturnya raksasa…

About these ads
  1. dewa
    4 November 2009 pukul 06:55

    harganya berapaan gan?

    Sekitar 1,15 sd 1,2 juta. Harga resminya 1,199 jt dibundling dg telkomsel tp tdk dilock.

  2. Abdul
    10 November 2009 pukul 12:08

    Kenapa skrang klo mau masuk ke FB kok lama baget, dan kadang tertulis coneksi failed, saya juga abis ngisi aplikasi Nimbuzzz, tp setelah mau masuk loadingnya lama dan juga kadang muncul tulisan coneksi failed, mohon mungkin ada solusinya supaya loading FB n Nimbuzznya bisa cepat, trims

    Sepertinya Palringo dan jalur FB-nya sedang bermasalah. Saya juga mengalami hal serupa, dapat login ke account lainnya namun selalu failed di account FB. Rekan2 di forum Kaskus juga banyak yang mengeluhkan hal ini, sepertinya memang ada error atau trouble ke koneksi FB.
    Untuk Nimbuzz coba Anda cek dengan cara memilih “options” – “network” – lalu ganti “profile mode”-nya dengan “user specific” lalu “java network”-nya ganti network jaringan yang anda gunakan, misalnya anda gunakan indosat ganti indosatwap, dan seterusnya sesuai kartu anda. Lalu coba lagi untuk login. Kalo masih gagal, coba lakukan lagi hal di atas, tapi kembalikan ke pengaturan default java, lalu coba login lagi. Jika masih connection failed, ulangi sekali lagi cara di atas…
    Jika masih saja gagal, maka cek java anda lainnya, seperti opera mini. Jika bisa browsing, berarti masalahnya bukan pada koneksi hape anda. Jika demikian, uninstall atau hapus nimbuzz anda, dan install kembali. Jika masih gagal, coba cari aplikasi nimbuz dengan versi lainnya…

  3. squonk
    12 November 2009 pukul 17:28

    salam voyager :)
    dimana tempat donlot games yg mendukung shock sensor
    trims

    Waduh, kalo games yang supprot shock sensor belum tahu nih gan. Setahu saya di Samsung Fun Life cukup banyak games sensor. Tapi, blm tahu bagaimana caranya untuk venera. Coba disearch di google gan, jika ada info sharing di sini ya?

  4. Buzz
    21 Desember 2009 pukul 07:02

    saya baru beli ini hp keren buanget, tapi saya instal nimbuzz kog gak ada untuk hp type ini ya (alcatel OT 800 tribe), low pake jenis laen bisa gak ??? mohon bantuannya!!!! tq

    Loh bukannya udah ada palringo bawaannya bos? Palringo kan lebih stabil dan hemat bandwidth. Kalo mau cari NimBuzz, cari yg utk resolusi layar 320×240. Coba install versinya Nokia E71. Saya sendiri belum pernah nyoba install NimBuzz sih di Venera, bisa jadi fungsi tombol qwerty nya tdk bisa terdeteksi sempurna.

  5. buzz
    24 Desember 2009 pukul 02:44

    iy palringgonya ad tp gak bs di gunakan slalu failed, tp aq dpt info low install apliksi chatting bisa pakai ebuddy untuk SE W850i, tp instalnya lama, oh y katanya dapat internetan am chatting gratis stahun, dgn mengisi pulsa 30rb per bulan tp udh dilakuin kog masih gak dapatya gratisannya? ada yang bisa bantu gak?

    Koq aneh ya, saya makenya lancar saja.
    Mungkin internet dan chatting gratis setahun dari telkomsel itu, utk chatting harus pake chatbox. Tinggal aktifkan saja. Caranya liat telkomsel.com. Adapun utk internetnya, palingan cuman bonus data beberapa MB perbulan. Jadi tdk unlimited.

  6. indra
    28 Desember 2009 pukul 08:10

    klo dibeda kartu apakah internetx masih bisa aktif

    Masih bos… saya aja pake IM3 walaupun nih Venera bundling ama Telkomsel

  7. buzz
    30 Desember 2009 pukul 04:57

    mas hp ini bisa jadi modem gak, klo bisa tolong kasih tau y caranya,???
    jujur forum ini sangat bantu saya banget mas, sukses selalu untuk Ulasan Tekno

    Secara teori seharusnya nih hape bisa jadi modem. Namun sayangnya sampai saat ini saya masih belum mendapatkan drivernya. Nanti kalo dapat akan saya sharing di sini. Thanks bos atas kunjungannya…

    • wajib
      30 Desember 2009 pukul 12:38

      Saya saranan kalo hp mau dipake sebagai modem pilih yang ada HSDPA-nya. Kalo cuma GPRS atau EDGE kurang cepet Demikian terima kasih …

  8. m4rkl1u
    30 Desember 2009 pukul 06:56

    barusan pake nih, kekurangan lain menurut saya nih :

    1. Logo Telkomsel yang menyebalkan
    2. Ngak ada speed dial
    3. Ngak bisa copy/move/paste
    4. Phonebook/Contact digantikan kata “Directory”
    5. Operator logo,clock & date ngak bisa di disable
    6. File gambar/music bawaan ngk bisa di hapus

    Tanggapan : Tengkyu bos atas tambahan dan sharing opininya. Mungkin saya ingin sedikit menambahkan juga kalo speed dial memang tidak bisa, namun Venera memiliki trik shortcut yang cukup menarik, yaitu tinggal pencet tombol control dan angka sebagai shortcut, misal pencet CTRL + B = Bluetooth, CTRL + J = Java, CTRL + M = Music Player dst, yg mana pintasan ini bisa kita tambah dan kustomisasi utk program lainnya. Walau bagaimanapun, Venera ini secara umum lebih tangguh dan baik daripada ponsel Cina lainnya.

    • Marsha
      31 Desember 2009 pukul 06:13

      @ Mark Liu

      1. setuju
      2. speed dialnya ada kog cuma namanya numeric keys
      3. bisa pake opsi copy to … atau move to …
      4.5.6. anda benar

  9. tien
    6 Januari 2010 pukul 00:13

    klo setting GPRS yg IM3 ma Xl gmn?

    Gampang koq. Kalo utk setting network profile browsing masuk ke WEB (gambar bumi) >> SETTINGS (paling bawah) >> EDIT PROFILE : isi dengan kartu SIM Anda. Kalo IM3 pilih INDOSAT-WAP dan kali XL pilih XL-WAP. Setelah itu kembali dan gunakan utk browsing.

  10. Den Bagus
    9 Januari 2010 pukul 12:59

    seperti komputer waktu pake opera. cuma ngak bisa nonton yutube
    pernah dipake modem iternet.sofware (cd) ada berikut paket penjualan.ngak bisa buka file ofice

  11. amed
    9 Januari 2010 pukul 15:08

    kok saya bermasalah sama pc suitenya yaa..ngga bisa connect tuh..udah pake 2 pc..masih sama ajaa, pas refresh hpnya ga nongol2..masalahnya apa yaa?

    PC Suitnya apaan ya? Ane koq ga dapet…

  12. Vanesh
    11 Januari 2010 pukul 14:06

    @ buzz : hp ini bisa dijadiin modem koq. Biar lebih praktis konek ke kompieny pk bluetooth aja, gak ribet, jd kalo buat ol lama gak mslah coz bisa smbil di cas. Saya ud coba n koneksinya lumayan walopun gak scpet triji. Smoga mmbntu.
    @ marsha : copy n move koq gak bisa sprti pd pc? hanya bisa ke folder yg sama, hnya beda t4, phone or memory card aja. misalny saya mntransfer potongan file mp3 dari pc(untuk dijadikan ringtone) melalui bluetooth, dan jatuhnya di folder audios>music. Nah agar terlihat rapi, saya ingin memindahkan file trsebut ke folder melodies atw folder buatan sndiri. gimana caranya? Coz menu copy atw move hanya memindahkan file ke phone atw memory card, tp dgn tujuan folder yg sama. Thx

  13. Juz
    30 Mei 2010 pukul 17:02

    Mas saya pakai valencia tp wktu pake push emailnya kok ga bisa ya… pas send/receive notifikasinya error… sya pake telkomsl

    • 5 Juni 2010 pukul 11:42

      Apa ga salah ruangan nih bos?
      Ada bbrp kemungkinan :
      – SIM card sdh aktif blm gprsnya? Kalo sdh aktif coba dicek,
      – Apakah koneksi internet bagus?
      – Parameter akun sudah bener atau blm?

  14. jukie
    1 Juni 2010 pukul 10:45

    Saya punya VENERA VI, belum 1 bulan , tiba2 mati total, batre dah tak cas tetap ga nyala . tolong solusinya. trims

    • 5 Juni 2010 pukul 11:19

      Kalo matot dan msh satu bulan, ke service center nya aja.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: