Beranda > HP Qwerty, Ponsel Lokal/Cina, Titan, Ulasan > TITAN T999 : PONSEL REPLIKA E71 LENGKAP DENGAN WIFI + TIVI

TITAN T999 : PONSEL REPLIKA E71 LENGKAP DENGAN WIFI + TIVI


Demam ponsel Qwerty benar-benar melanda tanah air. Vendor-vendor lokal tanah air mengguyur negeri ini dengan berbagai ponsel qwerty, bahkan bukan hanya meniru BlackBerry namun juga turut meniru Nokia E71 yang termasuk ponsel laris Nokia. Melihat prospek ramainya pasar qwerty ini, Titan yang merupakan vendor cina berbasis di Singapura, menggelontorkan sebuah produk mirip E71, yang disebut T999 Elegant. Tidak tanggung-tanggung, wifi dan TV tuner pun disuntikkan ke dalam ponsel ini. Maka untuk itu, saya akan mengupas sedikit tentang ponsel ini.

Desain,Dimensi dan Material

Desainnya mencomot Nokia E71, hanya saja ukurannya sedikit lebih kecil. Panjangnya 110 dengan lebar 56 mm. Ponsel ini juga sangat tipis dengan ketebalan hanya 10.6 mm. Walaupun lebih kecil dari Nokia E71, ponsel ini ketika dipegang cukup mantap dan berbobot. Materialnya didominasi oleh logam alloy dengan casing belakang dari stainless. Dari penampilan dan materialnya, ponsel ini tampak kokoh dan mantap. Qwerty pad nya berbahan dari plastik dengan campuran karet solid yang agak keras.

Penampakan mukanya, terdiri dari layar berukuran 2.2 inci, tombol navigasi dan qwerty pad. Bagian belakang didominasi oleh stainless penutup baterai dan kamera 2 MP lengkap dengan LED Flash dan self mirror. Bagian atas ponsel hanya terdapat tombol “on/off” dan antena eksternal. Bagian bawahnya hanya terdapat port untuk charger dan lubang tali. Adapun sisi kanan ponsel terdapat tombol volume dan tombol shutter di antara tombol volume. Di atasnya terdapat port jack 2.5 female untuk headset. Sedangkan di bagian kiri tidak ada tombol maupun port apapun. Slot USB-nya terdapat dibalik casing baterai, sehingga untuk menggunakannya harus melepas casing terlebih dahulu. Repot memang…

Tombol dan Qwerty Pad

Qwerty padnya tersusun rata sejajar dan rapat dengan ukuran yang cukup kecil, sehingga untuk orang yang berjempol besar agak sulit untuk menggunakannya. Tekstur permukaannya menonjol agak meruncing sehingga terkadang bisa selip ketika mengeksekusi tuts qwerty. Tutsnya memiliki materi plastik keras bercampur karet, walaupun agak keras tapi apabila terbiasa cukup nyaman juga. Banyak shortcut tersebar di qwerty pad ponsel ini, seperti sms (pada huruf Q), kalender (pada huruf W), buku telpon (pada huruf E), Games (pada huruf A), pemutar video (pada huruf S), pemutar musik (pada huruf D) dan perekam suara (pada huruf Z).

Respon cukup baik ketika digunakan untuk mengetik sms, hanya saja tidak ada fasilitas shift atau capslock. Untuk merubah huruf besar dan kecil kita harus masuk ke menu input lalu memilihnya. Fungsi ctrl-nya yang berbentuk panah ke atas hanya berfungsi untuk memilih angka dan simbol di atas huruf. Bagi yang belum terbiasa, qwerty pad Titan T999 ini cukup repot dan menyulitkan.

Layar dan Interface

Layar berukuran 2.2 inci dengan ketajaman warna 262k. Cukup terang dan jelas. Resolusinya seperti hape qwerty pada umumnya, yaitu 320 x 240. Tampilan homescreen-nya cukup menarik, seperti Nokia E-71, yang menampilkan jam analog, shortcut menu, info jaringan dan kalender. Selain itu program yang berjalan di background, juga akan tampil pada homescreen keterangannya. Cukup menarik dan inovatif. Kerennya lagi, wallpaper bisa diganti dengan hanya menggoyangkan ponsel (shake).

Dikarenakan ponsel ini adalah dual on GSM, gambar informasi sinyal pada SIM 1 dan SIM 2 tampil pada pojok kanan dan kiri ponsel. Tidak seperti ponsel dual on lainnya yang biasanya gambar sinyalnya berjejer pada salah satu pojok ponsel. Titan T999 juga menyediakan fasilitas screensaver yang bisa kita kustomisasi gambarnya, sehingga tampilan idle-nya bisa lebih menarik dan cantik. Menu-menunya tersusun dalam matriks 3 x 4. Kita juga bisa mengganti-ganti tema interface-nya, walaupun hanya 2 tema saja yang tersimpan. Ada efek UI juga ketika kita berpindah dari satu menu ke menu yang lain.

Secara umum, layar dan interface T999 elegan cukup baik dan bagus. Pancaran cahaya tampak merata dan cukup terang. Kita bisa mengatur brigthness (kecerahan) layarnya sesuai dengan kenyamanan kita. Interface dan tampilan menu cukup bagus dan menarik, serta berbeda dengan ponsel-ponsel cina dengan konsep terdahulu.

Multimedia dan Hiburan

Ponsel cina dikenal sebagai ponsel multimedia dan hiburan terlengkap dengan harga murah. Titan T999 tidak melupakan kelengkapan unsur multimedia dan hiburan, yang terbalut dalam model ponsel enterprise (Nokia E71 look-alike). Mari kita kupas satu persatu fitur multimedia Titan T999.
Titan T999 memiliki dual camera di belakang dan depan. Kamera di belakang memiliki resolusi 2 MP dan di depan 1.3 MP. Cukup menarik dan komplit memang, satu ponsel memiliki dua kamera dengan resolusi dalam megapiksel. Tapi tunggu dulu, mari kita periksa apakah benar bahwa klaim 2 MP dan 1.3 MP dalam kamera ini? Karena seringkali kita terkecoh dengan kamera pada ponsel cina yang tidak sesuai dengan kenyataan.

Ketika saya periksa kedua kamera (depan dan belakang) ini, ternyata hasilnya memang 2 MP dan 1.3 MP. Namun sayang, walaupun beresolusi 2 MP dan 1.3 MP, kamera Titan T999 ini bisa dikatakan pas-pasan kualitasnya. Hasilnya agak redup dan blur, terkesan dipaksakan alias interpolasi. Tidak ada fasilitas autofokus walaupun sudah dibenamkan LED Flash dan self-mirror. Pada kondisi minim cahaya (indoor) kualitas kameranya malah lebih buruk walaupun ada LED Flash, namun di luar ruangan dengan cahaya yang cukup, hasilnya cukup terang walau dengan hasil yang over exposure pada beberapa bagian. Walau demikian, saya rasa kedua kamera Titan T999 ini sudah cukup menghibur dan cukup untuk mengabadikan momen-momen penting kita.

Untuk merekam video, kamera Titan T999 hanya mampu mengambil gambar dengan kualitas 15 frame per detik (fps) dan gambar masih agak patah-patah dan tersendat-sendat. Kualitas pencahayaan juga kurang baik dan terkesan gelap, apalagi jika kita buka di PC atau laptop. Jangan mengharap lebih dengan kualitas kamera ponsel cina, setidaknya untuk saat ini dengan produk-produk yang telah menyebar.

Untuk pemutar audio, tidak jauh beda dengan ponsel cina lainnya. Di sini Titan T999 memiliki fasilitas equilizer standar yang tidak begitu tampak perbedaannya di speaker apabila kita ganti-ganti. Namun, hasil equlizernya cukup tampak apabila kita menggunakan headset walaupun tidak begitu kentara jelas. Pancaran suaranya dari speaker bisa dikatakan lumayan, walaupun agak sedikit pecah dan kurang renyah didengar. Tampak tidak ada bass dan treble-nya sangat mendominasi, walaupun equilizer sudah disetting “bass”. Pemutar videonya juga lumayan dan bisa memutar file mpeg4 dan 3gp.

Radio FM, cukup menghibur walaupun harus menggunakan headset untuk bisa mendengarkannya. Walau belum support RDS, namun cukup bisa diandalkan dengan kemampuan menyimpan 20 stasiun radio favorit. Kita juga bisa merekam acara di radio dan menjadikannya ringtone. Untuk ponsel Nokia E-71 wannabe, keberadaan TV Tuner adalah suatu hal yang cukup inovatif dan menghibur. Hasil tangkapan TV-nya cukup bagus dan bersih, namun tergantung lokasi dan tempat juga. Kita juga bisa merekam dan mengabadikan siaran favorit kita di TV.

Ponsel tanpa games tampaknya membosankan. Untuk itu Titan T999 telah disuntikkan games standar yang cukup menghibur. Kita juga bisa menambahkan game-game java yang berresolusi 320 x 240, tapi jangan menginstall games yang terlalu besar (>400 kb) atau game 3D. Sebab belum mampu dijalankan.

Konektivitas dan Internet

Untuk urusan konektivitas, Titan T999 sudah bisa dikatakan cukup maju. Berjalan pada jaringan GPRS dan EDGE (yang diklaim 7x faster dari GPRS) dan support WiFi (Wireless Fidelity). Untuk browsing sudah disuntikkan WAP browser standart dan opera mini (java). Saya sudah mencoba untuk browsing dengan opera mini dan wap browsernya, cukup lancar dan baik. Hanya saja, untuk browsing di WAP browser sering mengalami kendala “memory insufficient” disebabkan karena memori internal yang kurang besar. Namun, browsing dengan opera mini tidak ada masalah dan kendala.

Kekurangan kedua yang saya rasakan adalah, penyedia/provider Titan T999 ini belum mengatur setting GPRS secara default untuk operator GSM di Indonesia. Sehingga kita harus direpotkan dengan setting gprs/wap dan mms terlebih dahulu untuk bisa berselancar di dunia maya dengan ponsel ini. Hal ini cukup merepotkan untuk sebagian orang. Titan T999 dalam hal ini dikalahkan oleh produk sejenis dari SPC Boss 1000 dan Beyond B81.

Yang cukup inovatif dan maju –untuk kelas ponsel cina- adalah keberadaan WiFi. Saya sudah mencoba WiFi Titan T999 ini pada beberapa hotspot gratis baik di kantor maupun di mall-mal l seperti  ITC, ternyata cukup responsif dan lancar. Settingannya untuk sebagian orang mungkin agak rumit. Caranya, pertama kita memilih menu “LAN Jaringan (pada ujung kiri bawah ponsel bergambar sinyal), lalu kita pilih “cari untuk jaringan”, dan ponsel akan otomatis mencari hotspot yang aktif. Setelah itu kita tinggal mengklik “connect” atau “hubungkan”. Untuk melihat apakah WiFi sudah tersambung atau belum, kita bisa melihatnya dengan cara mengklik gambar bumi/“wap service”, lalu kita pilih “data connection”, apabila ada tulisan angka seperti “14.5 kb received”, maka WiFi sudah terhubung dan kita tinggal browsing.

Namun tunggu dulu, untuk fasilitas chatting atau browser dari java, kita perlu melakukan setting dulu sebelum menggunakannya. Pada aplikasi chatting (seperti ebuddy, nimbuzz atau lainnya) atau browsing (seperti operamini), kita pilih “option” terlebih dahulu, kemudian kita pilih “Network Profile”, lalu kita ubah jaringannya dengan “WiFi”. Setelah itu kita bisa terkoneksi ke dunia maya secara gratis. Selesai kita menggunakan WiFi, kita harus mengembalikan setting seperti semula, yaitu ke profil SIM 1 atau SIM 2. Memang agak ribet, tapi cukup lumayan untuk bisa berselancar secara gratis…

Satu lagi, di iklan produk Titan T999 ini ada logo Youtube. Setelah saya coba dengan berbagai cara, mulai dari membuka situs m.youtube.com hingga mencoba menginstall aplikasinya dan mencari aplikasi lain yang bisa support, termasuk juga vtap.com, namun saya tidak pernah bisa berhasil membuka video youtube dari ponsel ini. Hal ini disebabkan arena ponsel ini belum support codec yang bisa memainkan flash seperti RMVB. Oleh karena itu, pemasangan logo youtube tersebut hanyalah sebuah “penyesatan” untuk menarik minat pasar belaka dan saya kuatir termasuk penipuan.

Untuk perpindahan data, Titan T999 sudah menyediakan slot mini USB yang berada di balik casing penutup baterainya dan bluetooth.

Baterai

Untuk ponsel sekelasnya, Titan memiliki baterai kapasitas yang bisa dikatakan terbesar, yaitu 1200 mAH. Padahal ponsel sejenis seperti SPC Boss 1000 dan Beyond B81 hanya sebesar 850-900 mAH. Kapasitas yang besar ini memasok energi yang cukup besar sehingga dalam sekali charge penuh baterai dapat bertahan 2-3 hari dalam kondisi pemakaian normal. Apabila jarang digunakan internet dan telepon, bisa sampai 4 harian.

Penilain Pribadi :

Kelebihan : Desain dan material cukup bagus, ada TV dan WiFi, layar cerah dan jelas dan interface cukup baik, serta baterai berkapasitas besar.

Kekurangan : Kamera interpolasi dan overexposure, slot USB berada di balik casing,  qwerty cukup repot dan menyulitkan di dalam merubah huruf kapital, setting GPRS repot dan penggunaan WiFi juga cukup rumit serta harga jauh lebih mahal daripada produk sejenis. (Harga 1.6-1.7 juta).

Produk Tandingan : SPC Boss 1000 (1.35 juta) dan Beyond B81 (1.3 juta).

Kesimpulan : Banyak fitur yang ditawarkan oleh Titan T999 a.k.a elegan ini, namun kualitas dan fiturnya ternyata tidak se-elegan kenyataannya. Walau demikian, ponsel ini cukup menghibur dan cukup komplit.

About these ads
  1. Suhaidiar Sulaiman
    25 November 2009 pukul 16:12

    Ulasaan yang sangat membantu dalam memahami ponsel T999E ini karena keterbatasan info yang disediakan oleh pabrikan. Kekurangan yg mencolok adalah browsing ke internet yg super lambat. Paska bayar Telkomsel untuk Blackberry dipindahkan ke ponsel inipun tidak pernah berhasil konek dg fitur yg dalam menu Java, seperti Facebook. Browsing langsung dg http//www-pun tdk bisa. Mungkin kurang jelasnya buku panduan ttg konektifitas. Harganya sudah turun menjadi Rp 1,2jt+ bonus jam tangan, flashdisk 2GB,ballpen & kalender+ batery cadangan!

  2. 26 November 2009 pukul 20:00

    mhn bantuannya utk seting internet telkomsel utk ponsel titan t999
    trims..

    Untuk setting GPRS telkomsel, pertama kalo kartu Anda baru. Fitur GPRS-nya harus diaktifin dulu.
    Caranya dengan mengetik : GPRS[spasi]no. ICCID (ICCID itu 16 digit angka di belakang kartu SIM atau ada di box perdana) lalu kirim ke 6616, kemudiang tunggu sampai mendapatkan notifikasi balasan. Pengaktifan ini paling lama 2 x 24 jam.
    Apabila sudah aktif, maka lakukan setting GPRS manual. Saya katakan, inilah nilai minus Titan T999 yg blm ada setting default tiap operator seperti pada ponsel lokal lainnya.
    Parameternya sbb :
    Profile Name : TSEL GPRS
    APN : Telkomsel
    User name : wap
    Password : wap123
    Authentication : Normal
    Gateway IP address : 10.1.89.130
    Homepage : http://wap.telkomsel.com
    Data Bearer : GPRS
    Proxy port number : 9201 atau 8000

    Jika masih blm bisa, dapat dibawa ke grapari telkomsel terdekat, atau bisa kontak saya melalui blog ini.

  3. rosino
    30 November 2009 pukul 15:14

    saya mau tanya, cara setting gprs xl untuk hp titan T999, gmana ya

    Sebelumnya, aktifkan dulu fitur GPRSnya dengan menelpon XL Cust Service, biasanya paling lama 1×24 jam. Kemudian setting GPRS-nya. Untuk melalukan setting GPRS pada Titan T999, dilakukan secara manual dan ini perlu disayangkan sebab ponsel qwerty lokal lainnya sudah memberikan setting default utk tiap operator di Indonesia.
    Di Profile Internet, pilih edit, lalu ubah atau buat baru dengan parameter di bawah ini :
    * Connection Name: XL-GPRS
    * Data Bearer: GPRS
    * Access Point Name: www.xlgprs.net
    * Username: xlgprs
    * Prompt Password: No
    * Password: proxl
    * Authentication: Normal
    * Homepage: http://wap.xl.co.id
    * Connection Security: Off
    * Session Mode: Permanent
    * IP Address: Automatic
    * Proxy Server Address: 202.152.240.050
    * Proxy Port Number: 8080

    Setelah itu coba kembali browsing.

  4. Bang ils
    30 November 2009 pukul 15:48

    Untuk mensetting huruf besar kecil cukup dgn menekan tombol volume aj kok!

  5. atoy
    2 Desember 2009 pukul 22:10

    Kamera 1.3MP bisa digunakan untuk panggilan video call gak ??

    Sama sekali tidak bisa. Fungsinya hanya sebagai kamera biasa utk foto dan rekam… Sebab Titan 999 ini blm support 3G

  6. fadly
    4 Desember 2009 pukul 01:52

    aku punya hp titan cara seting internet pake im3 gimana caranya, trus mau ngedit jam carax gmn trus hptitan t999e gak touchscren ya?

    Tipenya apa mas? Sebenarnya sih, utk mau setting parameter umumnya adalah sbb :
    Time Based
    APN: indosatgprs
    User : indosat
    Pass : indosat
    Proxy : 10.19.19.19
    Port : 8080
    Homepage : http://wap.indosat.com
    Volume Based
    APN: indosatgprs
    User : indosat@durasi
    Pass : indosat@durasi
    Proxy : 10.19.19.19
    Port : 8080
    Homepage : http://wap.indosat.com

  7. Anton
    4 Desember 2009 pukul 08:42

    Apakah bisa di install flash untuk pemutar youtube…..kallo ada apa nama nya….cara nginstall nya.

    Sepertinya belum ada aplikasinya dan codec playernya blm support sehingga tdk bisa utk membuka file youtube yg berekstensi FLV

  8. fedri
    6 Desember 2009 pukul 09:06

    instal ebuddy untuk face book titan t999e gimana di coba dari getjar tapi daftar hp t999e tidak ada?

    masukkan aja ponsel JAVA pas waktu buka getjar. Atau coba download aplikasinya di sini

    .

  9. fafan
    8 Desember 2009 pukul 08:25

    aku punya HP TITAN cara download tema tu gimana?

    Titan T999E dan ponsel cina lainnya itu menggunakan platform MTK yang bersistem tertutup, sehingga kita tdk bisa (sulit) mengoprek dalemannya, tmsk mengganti atau menambahkan themes.

  10. fafan
    8 Desember 2009 pukul 08:27

    untuk cara download nimbuzz juga gimana?

    Masuk ke http://m.getjar.com via ponsel, atau bisa didownload dulu di PC/laptop lalu ditransfer ke handset, bisa didownload langsung di situsnya http://nimbuzz.com/en/

  11. Joe
    9 Desember 2009 pukul 05:33

    Klo setting networkny 3(three) gmn ya??

    Settingnya masuk ke browser/wap/internet, lalu option/setting, lalu pilih profile SIM, lalu edit, lalu isikan parameter sbb :
    Data Bearer : GPRS
    Access point name : 3gprs
    User name : 3gprs
    Password : 3gprs
    Home : http://wap.three.co.id
    Phone IP Address : Automatic
    Proxy Server Address : 10.4.0.10
    Proxy port number : 3128

    Setelah itu aktifkan, kemudian coba utk browsing.

  12. fafan
    11 Desember 2009 pukul 07:14

    klo mutar MP4 bs?

  13. 13 Desember 2009 pukul 10:58

    saya punya hp titan T999,buat aktifin chatting gmn y???

    Chatting yang mana ini ya? Sebab banyak fasilitas chat yang bisa dimasukkan ke dalam ponsel java seperti T999, seperti YM Tiny, Yamee, eBuddy, NimBuzz, Palringo, Mig33, dll. Untuk mengaktifkannya, setelah diinstall, masuk ke “Java Settings” – lalu Select SIM yang ingin digunakan, apakah SIM1 atau 2. Jika SIM2 maka ubah ke SIM 2, lalu piloih Java SIM 2 Profile dengan operator yg digunakan. Lalu, coba eksekusi aplikasi chatting tersebut. Mudah2an berhasil.

  14. strawberry
    13 Desember 2009 pukul 17:50

    Bisa video call lewat skype engga?

    Tidak bisa…

  15. puji subagyo
    20 Desember 2009 pukul 01:06

    ym tiny pada hpku titan t999 gak mau respon .email dan pasword udah benar ,tp dikatakan salah terus padahal masuk facebook udah bisa,gimana caranya ya

    Coba cek, Java Application, lalu cek setting javanya, dan lihat profil jaringannya. Utk profil jaringan sesuaikan dengan operator dan kartu yg akan digunakan (SIM 1 atau SIM 2). Jika pake SIM 1 dan kartu Indosat, maka ganti profil jaringan utk SIM 1 dengan Indosat. Kemudian save, lalu coba kembali. Jika belum bisa, ada kemungkinan YM Tiny bermasalah. Coba ganti pake eBuddy, nimBuzz atau Palringo. Downloadnya di ebuddy.com, nimbuzz.com dan palringo.com pake ponsel, dan lakukancara seperti sebelumnya…

  16. puji subagyo
    20 Desember 2009 pukul 01:10

    sourcut pemutar video kok gak jalan ya,bgtu tak klik huruf s (sourcut) video muncul mengosongkan folder bgtu klik opsi muncul tempat penyimpanan bgtu klik ok muncul pengatur file.klik kartu memori eh kembali ke mengosongkan folder tolong don gimana caranya

  17. 21 Desember 2009 pukul 10:35

    saya mau tanya,kenapa hp titan t999e tidak bisa konec ke pc dengan menggunakan kabel data,apa harus di instal dulu apa gak,sbb kalau dihubungkan ke pc yg terbaca di layar hp hanya pengisian batrai

    Bisa koq bos. Titan T999 ketika dikonekin ke PC akan muncul 4 pilihan : charging, port com (untuk dijadikan modem), mass storage dan webcam. Untuk fungsi port com harus install drivernya dulu. Untuk fungsi mass storage, sudah default dan tidak perlu driver koq.

  18. femmy
    22 Desember 2009 pukul 05:25

    hp titan bisa di gunain buat modem gk?
    caranya gmn?

    Bisa mbak. Ntar saya kasih tau deh tutorialnya.

  19. hartono
    23 Desember 2009 pukul 03:00

    punya thema buat HP Titan 999 ga?

    Sistem operasi tertutup mas, jadi ga bisa diubah temanya. Kecuali pake tools utk modding ponsel cina ini, tapi sayangnya saya msh blm dapat tools atau softwarenya.

  20. taufiq
    1 Januari 2010 pukul 16:27

    hp titan t999e pny sy aplikasi internetnya yg bs di pake cuma opera mini, ym, aol, fb gagal total. gmn?

    Itu setting javanya. Coba masuk ke folder/menu JAVA. lalu setiap aplikasi tersebuyt klik MENU, setelah itu pilih NETWORK PROFILE-nya dan isi menurut SIM yang digunakan.

  21. ardy
    2 Januari 2010 pukul 04:51

    kmrn br beli titan 999E utk buka casing belakangnya gimna ya..koq keras…ato memang dr pabrikannya dibuat seperti itu..thx

    Iya, emang susah dan harus hati2 itu.

  22. Mutia
    2 Januari 2010 pukul 08:37

    saya kan mau browsing pake wifi via wap browser, ko koneksinya ga terhubung? terus ada tulisan host tidak diketahui. itu kenapa ya?

    Mungkin ISP hotspot-nya tidak terdetek. Coba di areal perbelanjaan yg free bos seperti ITC atau mall2. Saya sudah coba bisa dan lancar di ITC Mega Grosir lantai 3 Surabaya

  23. Arman Elianto
    2 Januari 2010 pukul 14:39

    HP Titan T999, pake sebagai modem bisa ga?
    Boleh dibagi donk tutorialnya.

    Bisa bang. Saya pake PC Suit punya HT Mobile dan semua PC Suit utk hape Cina hampir sama semuanya. Nanti kalo ada waktu akan saya turunkan tutorialnya.

  24. Nap
    3 Januari 2010 pukul 12:06

    Kenapa ya waktu saya nyoba download aplikasi java lwt hape titan t999e gak bisa, malah muncul peringatan memory full? Apa ada pengaturan tempat penyimpanan hasil download?

    itu memori storagenya penuh. Coba masuk ke File Manager atau Pengaturan Berkas, dan pindahkan file foto, mp3 atau selainnya ke memori eksternal. Setelah itu coba lagi download.

  25. 5 Januari 2010 pukul 12:59

    Mohon penjelasan cara mengaktifkan email di Titan T999 atau T989
    Tks

    Tinggal setting dan masukan parameternya aja bos, sesuai dengan akun email kita. Untuk parameternya sudah saya turunkan jawabannya atas beberapa komen di blog ini. Lebih lanjut silakan buka sini.

  26. larry
    7 Januari 2010 pukul 10:20

    mau nanya ni,, caranya setting internet pada hp titan T988elite gimana? saya sudah ganti pengaturannya sesuai dengan sim, tetapi tetap tidak bisa.
    gimana itu?

    Kalo kesusahan, bawa aja langsung ke support centernya.

  27. Jahwar
    13 Januari 2010 pukul 04:09

    Saya mo bli hp qwerty,bingung milh mana yg plg bgs dari sgla aspek antara etouch 707,micxon s910,mito 838,dan spc boss 2000. Tlg kash pencerahan dong.

    Saya lebih prefer ke SPC Boss 2000 atau Huawei Passport. Reviewnya ntar diturunin di blog ini, sabar aje

  28. dirman
    15 Januari 2010 pukul 05:53

    Hp Titan T999e tdk bisa terkoneksi ke internet padahal saya sudah install driver modemnya HT mobile & sdh menggunakan pcsync bawaan SPC Boss.tlong dong kasih tahu caranya.

    • 15 Januari 2010 pukul 15:27

      Nanti akan saya turunkan tutorialnya

  29. fafan
    15 Januari 2010 pukul 07:16

    ku pux hp titan wktu q mo jlnin game ad tlisan jar tidak ditemukan?
    g` bs d jlnin lg

    • 15 Januari 2010 pukul 15:27

      Sepertinya file .jar-nya hilang atau ada error. Coba install ulang lagi.

  30. fafan
    15 Januari 2010 pukul 07:18

    wktu ku mau pke USB tu ko g` bs klo di mskan langsung mati?
    tolong gmn crx?

    Itu kabel datanya sepertinya bermasalah dan rada rusak. Saya sering mengalami kendala seperti ini kalo kabel data jelek ponsel malah mati. Coba pake kabel data lain

  31. Aji
    17 Januari 2010 pukul 12:23

    Bung UlASTEK, nggak dpt PC Suite/Driver konektifitas ke PC bs download dmn yah?buat TITAN 999E thku Bro….
    Lck_05@yahoo.co.id

    Bisa pake punya Nexian, SPC Boss 1000 atau HT G30. Linknya ada di sini.

  32. mikael
    18 Januari 2010 pukul 04:58

    saya mau tanya.kalau ada yg telpon hp saya terus saya lagi online mau saya silence tekan mana ya?terus kalau saya lagi menerima nomor satunya dan ada yg telpon di nomor sim 2 bisa nyambung ga ya?

    Pertanyaan pertama saya blm tau jawabnya, karena blm coba dan blm explore sejauh itu, apalagi skrg sudah ga pegang nih hape.
    Setau saja kalo SIM 1 ada telp, bakal ada nada sela dan kita bisa menahan panggilan pertama utk menerima panggilan kediua.

  33. eko
    18 Mei 2010 pukul 07:27

    mau tanya …………cara setting gprs im3 gimana yaAAA.???
    tlg d blz secepatnya……….
    .pliIizzz………T_T……….

  34. 28 Mei 2010 pukul 02:38

    hp Tita T999E ini bisa muat memori externalnya sampai berapa GB sih…?1

  35. nalla
    28 Mei 2010 pukul 02:58

    kalo mau setting internet dengan IM2 settingannya bagaimana ya dengan titan ini ? terimakasih

  36. 30 Mei 2010 pukul 06:42

    Saya mau tanya, hp Titan T999E itu memory externalnya kuat sampai berapa GB sieh!

  37. nuraini
    1 Juni 2010 pukul 07:12

    gimana cara mengaktifkan YM di hp titan T999

    • 5 Juni 2010 pukul 11:21

      Selama GPRS dah aktif, tinggal install aja aplikasi semisal ebuddy, nimbuzz, palringo, nefanasa, dll. Lalu masuk ke aplikasi tsb.

  38. waluyo
    4 Juni 2010 pukul 07:48

    bagaimana cara men.setting GPRS axis dan mms axis ?

  1. No trackbacks yet.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: