Beranda > HP Qwerty, PDA & Smartpone, Ponsel Branded, Samsung, Ulasan > SAMSUNG B7320 OMNIAPRO : QWERTY ANGGUN DENGAN WINDOWS MOBILE SARAT FITUR

SAMSUNG B7320 OMNIAPRO : QWERTY ANGGUN DENGAN WINDOWS MOBILE SARAT FITUR


Samsung sepertinya cukup jeli melihat larisnya pasar ponsel QWERTY yang tak kunjung surut. Demam Blackberry masih melanda dunia termasuk tanah air. Puluhan bahkan ratusan ponsel QWERTY lokal –bahkan juga vendor branded-  yang menggempur pasar ponsel tanah air sepertinya tidak menyurutkan langkah Samsung untuk ikut mencicipi –bahkan ingin menguasai- larisnya pasar ini. Setelah Samsung C6625 Valencia dan Corby TXT-nya, kini Samsung menggelontorkan ponsel QWERTY yang anggun dengan sistem terbuka Windows Mobile 6.1 yang lebih mumpuni dan sarat fitur. Saya berkesempatan untuk mereview sekilas tentang ponsel pintar ini, dan akan saya share di sini, semoga bermanfaat :

Desain & Material

Desain OmniaPro ini mirip dengan Samsung C6625 Valencia dengan bentuk bar yang memiliki ujung sedikit rounded, tampak bongsor dan lebar namun tetap trendy dan anggun. Bodinya jika dibandingkan Samsung Valencia, sedikit lebih pendek dengan panjang 111.8 mm (Valencia 113.3 mm) dan sedikit lebih ramping dengan lebar 59.6 mm (Valencia 63 mm), namun bodinya sedikit lebih tebal (12.6 mm) dibandingkan Valencia yang lebih tipis (11.9 mm). Bodinya didominasi plastik keras glossy yang berwarna gelap kecoklatan, sehingga tampak anggun dan berkelas. Walau demikian, bobotnya lebih mantap (110 g) dibandingkan dengan Valencia (107.7 g).

Bagian muka, terbagi menjadi layar dengan lebar 2.4 inci dan QWERTY pad yang berjajar rapi dan rapat, dengan tombol navigasi D-pad 4 arah. Di sisi kiri, hanya ada port USB untuk isi daya sekaligus port audio dan kabel data. Di sisi kanan, ada tombol volume dan tombol power. Letak tombol power ini berbeda dengan Valencia yang terdapat di bagian atas ponsel. Bagian belakang, terdapat kamera 3.2 MP berikut cermin dan loudspeaker di atasnya dengan posisi vertikal ditengah bagian atas ponsel. Pada Valencia, kameranya berjejer horisontal. Di bagian tengah bodi agak ke atas, terdapat lis berwarna cerah (putih silver)  yang tampak kontras dengan bodi bertuliskan Samsung, sehingga menambah kesan catchy dan trendy, tampak tidak monoton.

QWERTY pad dan Tombol

QWERTY padnya tertata rapi dalam empat baris dan berjajar dalam sepuluh tuts (sama dengan Valencia), hanya saja posisinya rapat-rapat dengan alur melengkung ke bawah. Walaupun ukurannya cukup besar, namun ketiadaan gap atau celah antar tuts cukup menyulitkan bagi orang yang berjempol besar, dibandingkan dengan Valencia yang memiliki celah antara tiap tutsnya. Bahan keypad dari plastik keras yang saya rasa agak membal, namun cukup empuk dan relatif nyaman. Hanya perlu beradaptasi sedikit untuk menggunakan ponsel QWERTY ini.

Susunan angka dan simbol pada QWERTY pad-nya mirip dengan Valencia, tombol numerik berada pada letak yang sama dengan Valencia.. Hanya ada sedikit perbedaan peletakkan beberapa simbol dan shortcut. Apabila di Valencia tuts ketiga dari kanan (arah ponsel di depan kita) untuk shortcut Windows Media Player, maka pada OmniaPro berfungsi untuk merubah profile silent.

Untuk tombol navigasi utama, D-pad dan tombol eksekusi OK ada di tengah. Di samping kanan kiri-nya terdapat 4 tombol, dua tombol softkey di bagian atas dan dua tombol untuk fungsi “home” dan “back/erase” di bawahnya. Di bagian ujung kanan kiri hanya ada tombol “Call” yang juga berfungsi sebagai shortcut profile suara, dan tombol “End” yang juga berfungsi sebagai “lock” apabila kita menekan dengan menahannya (hold).

Sistem Operasi dan Prosesor

Sistem operasi masih sama dengan Valencia, yaitu Windows Mobile 6.1 Standar, yang dapat diupgrade ke Windows Mobile 6.5. Dikatakan standart karena bukan sistem berlayar sentuh, dimana sistem ponsel berlayar sentuh menggunakan Windows Mobile Professional.

Jika dibandingkan dengan Valencia, Samsung OmniaPro lebih maju dan lebih baik. Dengan prosesor 32 bit Qualcomm MSM 7210A ARM 136EJS dengan Clockspeed 528 MHz, respon agak lambat dan delay yang sering kita jumpai pada Valencia (yang masih ber-clock speed 393 MHz) sudah tidak kita temui lagi di OmniaPro, bahkan dalam keadaan multitasking sekalipun. Selain itu, dengan 256 RAM dan 256 ROM, maka ketangguhan ponsel ini semakin tampak dibandingkan dengan Valencia yang masih 128 RAM dan ROM-nya.

Layar dan Interface

Dalam masalah ini, saya sendiri agak heran mengapa Samsung menyuntikkan kualitas pada OmniaPro di bawah Samsung Valencia. OmniaPro memiliki layar 2.4 inci yang sedikit lebih kecil dibandingkan dengan Valencia (memiliki layar 2.6 inci yang luas dan lapang). Bahkan, resolusi LCD-nya masih TFT 65 ribu, lebih kecil dibandingkan Valencia yang sudah 256 ribu. Walau demikian, layarnya masih tetap jernih, terang dan jelas.

Menu secara grid tertampil dalam matriks 4×2 landscape. Tidak ada efek transisi animasi pada perpindahan menu di ponsel ini, sebagaimana Samsung Corby TXT. Hal ini mungkin disebabkan segmentasi yang berbeda, dimana ponsel ini lebih ditujukan bagi kalangan kantoran yang tidak begitu membutuhkan efek UI atau animasi transisi, sedangkan CorbyTXT dengan efek kartunnya memang ditujukan bagi remaja.

Masalah tema dan homescreen, tidak jauh beda dengan pendahulunya, yaitu Valencia. Semuanya full kustomisasi dengan berbagai widget dan icon yang bisa ditampilkan di homescreen. Secara standar ponsel ini memiliki 16 pilihan skema warna yang dapat diganti-ganti sesuai selera dan wallpaper yang cukup banyak. Masih belum puas? Tenang saja, dengan sistem terbuka Windows Mobile, kita juga bisa menginstall tema dari pihak ketiga dengan tampilan ala I-Phone, Blackberry, HTC, Apple, dll.

Multimedia dan Hiburan

Walaupun OmniaPro lebih untuk sasaran kantoran, namun fitur multimedia dan hiburannya cukup memadai dan mumpuni. Kamera 3.2 MP fixedfocus sudah lebih dari cukup untuk mengabadikan momen-momen penting kita. Walaupun belum disuntikkan fasilitas kamera profesional seperti autofokus dan LED Flash, namun hasilnya cukup memuaskan dan baik, terutama untuk kondisi outdoor. Fasilitas Smile detection dan Geo-Tagging juga sudah disuntikkan di OmniaPro. Kualitas video recordingnya masih standar, dengan 12 fps dalam format 3GP.

Sayangnya, jika di Valencia sudah disediakan aplikasi Shozu  untuk mengupload foto atau video di situs jejaring sosial, maka padaOmniaPro, aplikasi ini sudah tidak ada. Namun tenang saja, kita masih dapat mendownload dan menginstall aplikasi ini melalui situs resminya, yaitu shozu.com.

Windows Media Player 10 untuk memutar musik dan video cukup komplit dan menghibur, player ini dapat memutar file berekstensi  MP4/H.263/H.264/WMV (video) dan MP3/eAAC+/WMA (Audio). Keluaran suara melalui loudspeakernya juga sudah lebih baik daripada Samsung Valencia, tampak lebih bertenaga dan jernih. Suara akan lebih optimal lagi dengan headset audio khas Samsung. Sayang sekali, port audio 3.5 mm female belum ada di ponsel ini.

Radionya juga sudah RDS dengan kemampuan menangkap sinyal siaran lebih baik, sehingga tampak bersih dan halus, noise suara tidak begitu tampak. Namun, tetap harus mencolokkan headset supaya bisa mendengarkan radio FM. Bosan dengan aktivitas pekerjaan kita, OmniaPro juga memiliki hiburan games. Secara default ada dua game yang cukup menghibur, yaitu Solitaire dan Bubble Breaker. Tapi kita dapat menambahkan file-file games lainnya baik yang berekstensi .cab maupun.jar (Java).

Konektivitas dan Internet

OmniaPro memiliki sarana koneksi yang lengkap, berbekal jaringan HSUPA, HSDPA, UMTS, EDGE  dan GPRS, koneksi data dapat tersupport dan berjalan dengan baik (tentu saja tergantung operator, sinyal, jaringan dan lokasi). Untuk transferdata juga sudah disediakan Bluetooth V.2 dan USB cable data. Untuk navigasi, Samsung Valencia sudah support A-GPS, hanya saja kita tinggal menginstall map sendiri (seperti google map, garmin, dll). Kelebihan OmniaPro dibandingkan Valencia adalah, OmniaPro sudah support WiFi, sehingga kita dapat berselancar di dunia maya secara gratis.

Untuk browser, OmniaPro memiliki Internet Explorer  yang sudah cukup baik di dalam menampilkan halaman situs. Hanya saja, kinerjanya masih kalah dibandingkan dengan Opera Mobile ataupun SkyFire. Kita dapat menambahkan browser lainnya seperti SkyFire yang lebih baik di dalam menampilkan halaman situs dan sudah support Flash, sehingga streaming audio dan video dapat berjalan lancar. Untuk internet lebih hemat data, kita juga dapat menginstall operamini maupun bolt browser.

Instant Messaging dan Jejaring Sosial

Instant Messaging yang secara default terinstall hanya MSN dan Windows Live saja. Untuk menambah fasilitas IM/chatting, kita dapat memasukkan beberapa aplikasi chat dari fihak ketiga, seperti Palringo, Nimbuzz maupun eBuddy. Sayangnya, icon Facebook di ponsel ini bukan aplikasi seperti pada Valencia, melainkan hanya shortcut ke situs mobile Facebook (m.facebook.com). Untuk menambah aplikasi microsoft facebook, kita dapat mendownloadnya sendiri di situs penyedia aplikasi windowmobile.

Email, Messaging dan Enterprise

Sebagai ponsel yang bertema “The Smart Way to Work and Play”, maka fitur kantoran dan messaging adalah sebuah keharusan. Pocket Office yang dapat membuka dan mengedit  dokumen seperti word dan spreadsheet (excell), sudah terintegrasi di dalam ponsel ini. Selain itu Adobe Lite untuk PDF reader juga sudah terinstall. Untuk masalah email messaging, OmniaPro sudah support pull email dengan konfigurasi otomatis. Kita hanya cukup memasukkan alamat email kita saja, akan terkonfigurasi secara otomatis. Fasiliitas email ini bisa kita konfigurasi untuk penerimaannya setiap 5 menit, sehingga cukup mirip dengan push email yang dapat diterima secara real time. Namun, tentu saja akan menguras baterai dan pulsa kita.

Kita juga dapat menambahkan email server exchange dan mensinkronisasikan dengan server kantor secara real time. Untuk push email gratis, kita dapat menggunakan aplikasi SEVEN yang saat ini masih gratis 100%. Kita hanya dikenakan biaya data GPRS saja. Fasilitas Organizernya komplit, ada calendar, D-Day (untuk mengingatkan momen penting), task yang berisi daftar tugas yang harus kita selesaikan, voice notes sebagai pengingat dan world clock apabila kita pergi ke luar negeri.

Baterai

Baterai OmniaPro berkapasitas 1480 mAh, lebih besar daripada Valencia (1300 mAh). Dalam sekali charge, ponsel ini dapat bertahan selama 2-2.5 hari untuk standby. Apabila digunakan untuk akses data dengan intensitas sering, maka baterai akan lebih cepat habis. Ponsel berbasis Windows Mobile memang dikenal sebagai ponsel yang boros energi, oleh karena itu mungkin diantara alasan Samsung hanya menyuntikkan kualitas gambar 65 k pada layarnya salah satu alasannya adalah untuk lebih menghemat daya. Oleh karena itu, ketahanan baterai OmniaPro relatif jauh lebih baik daripada Valencia.

Penilaian Pribadi :

Kelebihan : Jalur koneksi lebih lengkap (HSUPA, HSDPA, UMTS), sudah support WiFi, OS WinMo 6.1 upgradable 6.5, Support GPS, kamera 3.2 MP

Kekurangan : Keypad lebih rapat dan agak membal, layar mengalami penurunan kualitas, tidak ada port audio 3.5 mm, micro-SD tidak hot-swappable

Kesimpulan : Dengan harga sekitar 2.7 juta (Desember 2009), maka saya rasa ponsel ini cukup worthed untuk dibeli…


(Video Review Samsung OmniaPro)

About these ads
  1. Jack Shepard
    16 Desember 2009 pukul 09:50

    wah, Samsung emang ga ada abisnya menggelontorkan ponsel berkualitas dg harga terjangkau…
    Jadi pengen beli nih gan…

  2. 17 Desember 2009 pukul 03:21

    Bisa jadi alternatif Blackberry nih…. apalagi dengan fitur yang lumayan lengkap dan tak kalah bila dibandingkan dengan BB.

  3. ian
    21 Desember 2009 pukul 00:47

    padahal lagi ngincer yg Valencia neh,jd bingung???

  4. Eka
    22 Desember 2009 pukul 12:07

    Speknya melebihi harganya, kompetitiflah…, tapi sampai mana kemampuan pocket officenya, kok ga ada uji performanya…

    Pocket Office-nya standart seperti punya Samsung Valenci, dan tdk bisa untuk buat dokumen baru. Caranya bisa diakalin dengan buka dokumen yang sudah ada lalu disave-as. Terus juga blm bisa buka file office 2007 seperti docx. Jika ingin office yang tangguh, bisa pake Documents To Go Dataviz. Bisa didownload dan diinstal dari sini.

  5. jimmi
    26 Desember 2009 pukul 14:24

    Gan, HP nih udah nongol blm di tanah air? Kisaran harga brp ya?
    Makasih sebelumnya..

    Sudah bos, harganya sekitar 2,7 jeti…

  6. Jodie
    27 Desember 2009 pukul 03:00

    Bro/Sis, kapan ya WM6.5 untuk B7320 ini keluar dan bisa diunduh? Bagi2 kabar ya kalau sudah siap, karena aku cari2 dari Samsung nya juga belum ada info apa2. Trims.

    Emang di Samsung sendiri belum menyediakan fasilitas upgrade? Jika belum, sebenarnya ada tutorial untuk mengupdate sendiri secara aman, namun tentu saja harus teta[ berhati-hati. Jika ada info akan saya share deh. Bos lokasinya dimana?

  7. prasantee
    27 Desember 2009 pukul 11:58

    udah ada tuh update-an tuk ke wm 6.5 di situs samsung indonesia.ataupun yang beli omniapro ini di gerai resmi samsung itu udah otomatis jadi 6.5,,
    baru sabtu kemarin ada workshopnya,harga udah 2,65jt lhoo…

    untuk officenya sendiri,memang betul tidak bisa buat new file,tapi bisa diakalin ko dengan masukin file kosong,trus tinggal kita buka,edit dengan yang kita mau,trus di save as deh!!

    for more info join group facebooknya omniapro di samsung b7320 – indonesia. atau kalo ada juga di kaskus thread tentang omnia pro ini cukup ketik di kotak search “lounge b7320″ nanti muncul deh hasilnya.

    sudah banyak yang membeli omniapro ini,dan overall lebih puass daripada valencia,, (saya sendiri pengguna valencia dan omniapro)

    Wah tengkyu banget atas infonya mbak Prasantee.

    • kardole
      19 Januari 2010 pukul 07:29

      wahhh sis pras … dimana2 ada yah … brarti make valen ama btezo juga yah sis … hehehe

  8. ondel
    28 Desember 2009 pukul 03:13

    Boz, aku pake omnia b7320, kok batrenya cuma kuat sehari ya? Padahal ga banyak2 banget makenya…bisa diakalin ga?

    Wah, ini masalah klasik ponsel WinMO. Padahal nih Omnia Pro alias Jackie sudah dijejali baterai berkapasitas 1.480 mAh. Bahkan, beberapa user yg menggunakan banyak yg bilang kalo baterainya lebih tangguh dibanding ponsel WinMo lainnya. Coba bos, baca testimonial teman2 kaskus di sini.
    Nah, makanya ane agak heran, kagak diapa2in atau diapa2in cuman sedikit tapi baterai sudah harus dicharge. Mungkin ane ada beberapa trik bos…
    1- Gunakan display backlight seminimal mungkin, kalo bisa semakin singkat semakin baik. Caranya : masuk ke SETTING >> POWER MANAGEMENT >> ubah backlight time yang terendah yaitu 5s, display time:10s, display brightness :level 1, keypad light time: 1 sec. Ini akan sedikit menghemat power baterai.
    2- Lock/kunci ponsel Anda, agar tidak aktif ketika keypadnya tersentuh. Cara manualnya, tekan tombol END agak lama. Atau bisa disetting otomatis melalui SETTINGS >> SECURITY >> DEVICE LOCK >> Centang option “prompt if device is unused for” dan pilih sendiri waktunya
    3- Matikan semua aplikasi/program yang tidak terpakai. Valencia dan ponsel WinMo seringkali ketika berhenti dari sebuah aplikasi, tdk ada fasilitas exit-nya. Sehingga aplikasi tsb acapkali masih berjalan di background. Caranya tekan agak lama tombol HOME lalu TASK MANAGER akan muncul. Kemudian End All Task saja semua program.
    4- Matikan bluetooth apabila tdk digunakan.
    5- Matikan aplikasi2 semisal chatting dls apabila tdk dibutuhkan
    6- Utk Pull email, saya lbh menyarankan Anda setting Manually, sebab sending & receiving email berkala memerlukan energi cukup banyak.
    7- Matikan fitur 3G apabila kurang stabil. 3G ini banyak menghabiskan energi
    Untuk mengaktifkan fitur 3G, harus masuk ke menu admin setting. Caranya :
    - Ketik kode *#1546792*#.
    - Setelah itu akan muncul NETWORK & CALL SETTING.
    - Pilih NETWORK MODE
    - Pilih GSM (jangan automatic, sebab apabila ada jaringan 3G akan digunakan)
    - Done
    Ingat : hati-hati ketika menggunakan menu admin setting ini. Jangan meng-oprek Valencia Anda jika Anda blm berpengalaman. Saya tidak bertanggung jawab penyalahgunaan kode admin.
    8- Jika memungkinkan, lebih baik matikan fitur getar. Sebab fitur getar cukup banyak menyita power baterai.
    9- Apabila Anda berada di daerah yang sinyal naik turun. Lebih baik, matikan ponsel. Sebab pencarian sinyal memerlukan power banyak.
    10- Last but not least, jangan mengcharge ponsel Anda berlebihan. Apabila sudah penuh langsung cabut. Sebab seringkali dijumpai, Valenci mengalami error apabila dicharge semalaman atau berlebihan.
    Selain itu, setiap 3-4 bulan sekali coba lakukan “kalibrasi”alias “refreshment” baterai. Trik ini ane baca di forum XDA Developers dan lumayan worked well dengan Moto Q8 ane. Caranya dengan mengosongkan baterai sampai benar-benar habis. Jadi, pake saja hape sampai baterainya benar-benar habis. Bisa dipake ngegame, denger MP3 atau selainnya. Nah, pada saat notifikasi peringatan baterai lemah muncul, cuekin aja. Biarkan sampai ponsel mati-mati sendiri. Lalu nyalain lagi ponsel dan lakukan berulang2 sampai ponsel sudah tidak memberikan respon lagi. Terus tekan tombol on/off beberapa kali sampai yakin bahwa baterai benar-benar kosong. Lalu keluarkan baterai dan diamkan selama beberapa jam lamanya.
    Setelah itu, pasang lagi ke ponsel dan charge sampai full/penuh. Nah, baterai Anda akan menjadi seperti baru kemampuannya. Ingat, jangan sering-sering melakukan hal ini. Cukup 3-4 bulan sekali.
    Semoga bermanfaat…

  9. radiant
    30 Desember 2009 pukul 06:47

    salam kenal
    wah aku ketinggal neh…bru sabulan bli valencia…ehhh dan keluar lg omniapro…samsung gmna seh…beda ga jauh dr valencia ko kenapa fitur na lbh lengkap omniapro…apa hp q di jual aja ya…
    mas gmn pertimbangan mengenai omniapro,,,mumpuni ga lo buat internat,klo bli omniapro harganya sekitar berapa…
    d jogja dah de lempar blom hp itu
    bs ga valencia de upgrade kya omniapro itu…

    Salam kenal juga mas…
    Omnia Pro sebenarnya di pasar global udah cukup lama, namun masuk ke Indonesia baru2 aja. Harganya sekitar 2.7 jutaan. Kelebihannya dibanding Valencia adl sudah support WiFi, kapasitas baterai lebih gedhe, upgradable ke WinMo 6.5 dan kualitas speaker lebih bagus.

  10. c
    31 Desember 2009 pukul 03:55

    Apakah sudahbisa di beli di gerai resmi samsung… hraga kisaran berapa???

    Sudah ada bos. Harga sekitar 2.7-2.9 juta

  11. mirza
    31 Desember 2009 pukul 06:03

    wah….keren banget y….di jogja udah ada belum y???
    trus klo samsung center di jogja dimana???harga barunya di jogja berapa???

  12. yened
    1 Januari 2010 pukul 17:44

    Untuk d jakarta d toko hp atau gerai resmi mana saja bisa d beli B7320 garansi indo? Trims

    Jakarta coba ke Roxy atau Ambassador dan bisa dibeli di gerai resmi Samsung atau yang menjual produk Samsung

  13. mirza
    4 Januari 2010 pukul 05:40

    bozz…kok g ada yang jawab….di jogja dimana bisa beli omnia pro ini????harganya dijogja berubah g?

    Waduh kurang tau dari Jogja mas. Coba ke WTC atau ITC atau mall-nya sana yang dikenal jual ponsel2 dan coba cari di gerai penjual Samsung. harga pun seandainya beda, mungkin selisih hanya sedikit.

  14. 5 Januari 2010 pukul 06:32

    Handphone yang bagus dan sangat mengutamakan fitur

  15. mirza
    6 Januari 2010 pukul 05:53

    wah kurang tau ya….pdhal pengen beli…klo ada tu kadang dapatnya yang second..jd males kan

  16. Rayhan Al Kindi
    9 Januari 2010 pukul 05:36

    Kalo ga ada port audio 3.5 mm, trus nguping music-nya pake apa Boz, supaya enjoy? Secara umum gue jatuh cinta banget ama Samsung yang ini (Omnia Pro B7320) ‘n pengen segera beli.

    Ya pake headset bawaannya Samsung. Atau kalo mau, pake converter aja sehingga bisa konek dengan headset 3.5 mm.
    Gambarnya seperti ini bos :
    Converter
    Belinya di sini bos.

  17. Yoeq
    10 Januari 2010 pukul 12:19

    D gerai resmi samsung kok sulit ngedapetinx y =(

    Di mana emangnya bos? kalo di Jakarta sudah cukup banyak koq yang jual, seperti di Roxy ama Ambassador. Surabaya emang masih langka nih barang. Kemarin sempat ngecek masih belum ada nih barang.

  18. Farida
    11 Januari 2010 pukul 23:37

    Saya dah beli omnia pro. cuma untuk download aplikasi permainan nya kok susah y… klo d klik save yang kebuka IE nya.minta dong alamat situs untuk download permainan gratis & themesnya? bahaya g klo browsing tpi g pake anti virus?klo dah terlanjur browsing tanpa pke anti virus,apa yg hrus dilakuin biar klo dah da virusnya,virusnya bisa ilang.
    Thanks

    Download permainannya dimana? Kalo saya boleh saran, lebih baik download dulu di PC/laptop, lalu transfer ke memori eksternal ponsel setelah itu install. Themes dan games gratis utk WinMo bisa didownload di blog ini.
    Kalo sekedar browsing sih tdk begitu riskan. Namun kalo ingin aman, bisa donwload Kaspersky cracked di blog ini. Cari linknya di jawaban komen pada artikel C6625 Valencia.

  19. mirza
    13 Januari 2010 pukul 06:26

    gan….bener nya ne hape omnia dah ada belom di yogyakarta…masa mw beli harus di roxy

    Wah, ga tau nih bos kalo di Jogya. Soale di Sby juga yg beli harus indent, sebab barang masih di jakarta semua katae.

  20. Omot
    17 Januari 2010 pukul 06:20

    Bos klo dibandingkkan dgn nokia e63,bgus mana se?bingung…

    Kalo saya lebih pegang Omnia Pro, dg alasan :
    1. OS Windows Mobile upgradable to 6.5, yang full customized. Sedangkan E63 walaupun OS Symbian yg terbuka, namun kita harus direpotkan dg menghack certificate utk bisa mendownload dan menginstall aplikasi third party ke dalam E63.
    2. Omnia Pro sudah HSDPA sedangkan E63 belum.
    3. OmniaPro support videocall sedangkan E63 masih blm.
    dll

  21. mutia
    18 Januari 2010 pukul 01:17

    saya memakai samsung corby yang qwerty,, tapi ko download internet lama dan download opera ma ebuddy tu ko aplikasinya g mndukung, gmn tu? thanks

    Itu tergantung koneksi jaringan operatornya mbak, termasuk lokasi dan waktu.
    Utk Aplikasi coba install di bawah ini :
    1. Opera Mini 4.2
    2. EBuddy
    Tapi, install nya di PC dulu ya, lalu diekstrak kemudian dipindahkan ke memori ponsel dan dinstall.

  22. omot
    18 Januari 2010 pukul 06:51

    minta infonya bagi tmn2 semua……!!
    UDA MUTER2 CARI B7320 BLM JG DAPAT. DI MALANG DIMANA YA…..PLEASE….

    Coba ke Surabaya di WTC atau Plaza Marina. Malang kayaknya msh blm masuk, sebab di Sby sendiri saja masih langka dan agak susah

  23. lesman
    20 Januari 2010 pukul 10:35

    ada yang bisa bantu ngga setting samsung omnia pro b7320ku pake kartu simpati baru ko ga mau connect ya…

    Itu Simpati-nya udah diaktifin belum GPRS dan MMS-nya bos? Kalo blm diaktifin dulu. Caranya, kirim sms ke 6616 ketik : GPRS[spasi]No. ICCID (16 digit angka di belakang SIM card). Utk akitifin MMS kirim sms ke 6616 ketik : MMS[spasi]No ICCID
    Utk mengaktifkan flash, caranya kirim sms ke 3636, ketik Flash.
    Setelah itu, Omnia Pro ketika kartu Telkomsel dimasukkan akan melakukan setting otomatis, jadi ga perlu melakukan setting parameter GPRS lagi. Tunggu aja GPRS aktif dg adanya notifikasi sms. Setelah aktif, mudah2an sudah bisa dipake utk konek internet.

  24. wenny
    21 Januari 2010 pukul 09:12

    kalo dibandingin e71 bgus mana ya?

    Tergantung sih, sebab ada kelebihan dan kelemahan masing2. Sebab ada org yg lebih suka OS Windows Mobile dibandingkan Symbian, dan juga sebaliknya. Dari sisi fitur sebenarnya cukup bersaing, hanya saja E71 lebih menang di fitur kameranya.

    sbenernya apa bedanya windows mobile dgn symbian sich? bgus mana? dan gunanya buat apa?

    Windows Mobile itu adalah sistem operasi yang ditanamkan pada ponsel dengan platform Windows yang diharapkan mendekati versi Windows pada PC utk mendapatkan pengalaman PC mini dalam sebuah handset di ponsel pintar yg juga memiliki fitur2 dasar sebuah PC berbasis windows.
    Symbian adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Symbian Ltd yg bekerjasama dengan vendor ponsel global seperti Nokia, Sony Ericsson,Motorola dls dengan pengalaman tatap muka yang cukup atraktif dengan kemampuan multitasking computing yg dapat menghadirkan kemampuan ponsel pintar yg berfitur mirip sebuah PC.
    Kegunaannya tentu saja sbg sistem operasi yg menggerakkan ponsel tsb.
    kalo masalah bagus mana, kesemuanya ada kelebihan dan kelemahan masing. Hanya saja, Symbian tampak lebih stabil, ringan dan hemat baterai dibandingkan Windows Mobile, sedangkan Windows Mobile memberikan pengalaman yg lebih mirip dengan sebuah PC, lebih mudah dikustomisasi dan atraktif. Sedangkan Symbian, seringkali harus melalui proses hack certificate utk merubah tema, menginstall aplikasi atau program ke dalamnya yg mana ini cukup ribet bagi sebagian besar orang.

    kalo di e71 ga ada pket ofice word nya juga ya? sbenarnya berguna ga sich?
    tlong penjelasannya ya.
    thx

    Di E71 ada Pocket officenya, yg tentu saja berguna bagi yang memerlukannya.

  25. safiera
    21 Januari 2010 pukul 14:42

    saya sudah install ebuddy di samsung jackie,tapi saat login,tidak bisa memasukkan huruf atopun angka…ada solusi? terima kasih

    Itu eBuddynya sepertinya tdk kompatibel. Saya saranin kalo Windows phone pake Palringo aja. Coba download langsung dari palringo.com dg mengetikkannya di browser bawaannya.

  26. Clarissa
    22 Januari 2010 pukul 06:58

    wow… keren banget nih.. jadi pengen beli.. di semarang terakhir saya cek belum ada.. pilihan ku antara samsung valencia c6625 dan omnia b7320,, sayangnya omnia 7320 belum ada di semarang,, kalo beli c6625, kelemahannya apa? sering restart kayak nokia ga? trus wi-fi itu fitur penting buat handphone ga sih? soalnya c6625, belum ad wi fi nya
    thx before

    Iya nih, di Sby aja masih langka. Di WTC hanya sedikit banget yg jual. Pengalaman saya pake C6625 sih tdk suka restart, hanya saja kalo banyak aplikasi dan program berjalan, jadi agak lemot dan kalo ga sabaran kita mencet2nya bisa hang. selain itu batere boros juga.
    mengenai WiFi penting atau ga, itu sih kembali kepada user. memang butuh atau ga…

  27. Niko
    23 Januari 2010 pukul 21:07

    gan..udah beli 1 ln lalu nih di ambas. overall ok bngt sih drpd e63 cuman gmana cranya biar messengr bsa on trs ya kyk bb. udah instal ebuddy tpi bikin batee cepet abis dan gak slalu konek

    Pake Palringo bos, lebih ringan dan stabil sepertinya -dari pengalaman pribadi sih-
    Cuman tetap saja bakal lebih memeras baterai…

  28. ryan
    23 Januari 2010 pukul 21:26

    kalo sama e72 apa kelebihan nya???

    Kalo saya pribadi, E72 jauh lebih tangguh dan baik daripada Omnia Pro, lagian kelas harganya juga cukup jauh, hampir setengahnya. E72 pd kisaran 4 juta ke atas sedangkan Omnia Pro 2 juta ke atas.

  29. Gde
    15 Mei 2010 pukul 14:42

    Samsung Ini bener2 worth for quality….flexible karena win mobile…saat ini juga harganya sudah lebih terjangkau….sama nokia e71jelas jauh lah symbian kaku banget tampilannya…

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: