Beranda > HP Qwerty, Nokia, Ponsel Branded, Ulasan > Nokia E63 : Qwerty Nokia Versi Murah Yang Masih Bersinar

Nokia E63 : Qwerty Nokia Versi Murah Yang Masih Bersinar


Nokia E63 memang sudah keluar pada akhir tahun 2008, tepatnya pada November 2008. Namun, hal ini tidak serta merta menyebabkan ponsel Nokia E63 ini terbenam. Bahkan, di tengah maraknya demam ponsel qwerty, Nokia E63 masih tetap bersinar sebagai ponsel enterprise terbaik dengan harga relatif terjangkau. Kelengkapan fiturnya menjadi alasan mengapa ponsel ini masih tetap bersinar dan laris di pasaran, apalagi harganya sekarang semakin terjangkau dengan harga hanya berkisar 2 juta saja. Belum lagi image brand Nokia sebagai vendor ponsel terkemuka dunia turut mendorong pamor Nokia E63 ini. Untuk itu, mari kita lihat apa saja kehebatan dan kelebihan ponsel pintar ini.

Desain, Dimensi dan Material

Nokia E63 berbentuk bar tablet dengan tampilan depan yang didominasi oleh qwerty keypad dan layar 2.4 inci. Tidak seperti pendahulu dan seniornya, E71, Nokia E63 lebih didominasi dengan plastik. Bodinya juga lebih tebal (13mm), dibandingkan Nokia E71 yang hanya 10mm. Beratnya juga sedikit lebih ringan (126 gr) dari E71 (127 gr) sehingga lebih layak dibandingkan dengan beratnya Blackberry Curve atau Palm Treo Pro.

Walau demikian, Nokia E63 bisa dikatakan “hand friendly” karena sangat nyaman digenggam. Sudut-sudutnya sangat elegan dan nyaman dipandang. Hanya saja, material yang didominasi oleh plastik ini, sedikit menghilangkan kesan mewah tidak seperti pada E71 yang didominasi oleh logam stainless yang mengkilat dan terkesan Lux.

Pada bagian atas E63, terdapat port jack audio 3.5 mm female yang lebih kompatibel dengan headset audio universal, dibandingkan E71 yang hanya menyediakan port 2.5 mm female jack. Di bodi belakang, terdapat lensa kamera, cermin self potrait dan LED Flash. Di sisi kiri bodi terdapat USB port dan slot micro SD, sedangkan di sisi kanan tidak ada tombol maupun port apapun, hanya saja di bagian bawahnya terdapat lubang untuk tali gantungan. Adapun port charge ada di bagian bawah ponsel. Jika dibandingkan E71, Nokia E63 miskin tombol, tidak ada tombol volume maupun tombol power on-off. Semuanya dioperasikan dari keypad.

Keypad dan Layar

Susunan qwerty keypadnya hampir sama dengan E71, hanya saja space bar-nya agak lebih kecil sedikit dan ada tambahan dua pad untuk fungsi simbol. Tuts keypadnya tersusun rapi sejajar dengan kontur agak meruncing, namun cukup nyaman ketika dieksekusi dan rasanya empuk. Pada bagian tengah, terdapat tombol navigasi 4 arah, empat tombol shortcut, 2 tombol soft key dan 2 tombol call dan end/power yang berjejer atas bawah.

Tombol Shortcut terdiri dari tombol home dan kalender (di sisi kanan tombol navigasi), dan tombol messaging dan phonebook (di sisi kiri tombol navigasi). Tombol shortcut ini bersifat “one touch key” yang memiliki dua fungsi berbeda, yaitu “short press” dan “long press”. Untuk tombol space bar apabila di-“long press” maka akan mengaktifkan fungsi senter (flash light). Respon keypad-nya sangat baik dan bagus, serta cukup nyaman digunakan.

Layarnya sama dengan E71, yaitu berukuran 2.4 inci dengan resolusi 320×240 px. Dengan matriks warna 16 juta warna, layar Nokia E63 sangat terang dan jelas, bahkan di bawah sinar matahari sekalipun. Tampilan layar pada home screen-nya juga interaktif dan atraktif, kaya akan ikon fitur yang bisa dikustomisasi dengan icon notifikasi messaging (sms, email), calender, dll. Layarnya mampu menampilkan matriks menu 4 x 3 secara landscape.

Konektivitas dan Internet

Berbeda dengan E71 yang lebih lengkap, E63 hanya berbekal koneksi data di jaringan UMTS, EDGE dan GPRS dan belum support HSDPA. Namun, hal ini sedikit terobati dengan masih dipertahankannya WiFi 802.11 b/g. Kita dapat berselancar, streaming video dan audio secara gratis dan relatif cukup stabil dengan fasilitas WiFi E63. Selain itu, E63 support bluetooth dan jalur kabel data.

Untuk fasilitas browsing, Nokia E63 sudah menyuntikkan Nokia browser yang cukup baik menampilkan halaman penuh situs html. Namun, masih kurang menarik jika dibandingkan opera ataupun skyfire. Untuk video streaming, kita bisa menambahkan fasilitas Youtube maupun Vtap. Selain itu, setting internet di Nokia E63 sangat mudah, karena sudah support setting wizard yang otomatis mencari setting on the air.

Multimedia dan Fitur

Sebagai ponsel seri E, maka Nokia E63 ini sebenarnya lebih ditujukan untuk fasilitas Enterprise (kantoran). Namun, fitur multimedia di dalamnya sangat komplit dan kaya fitur. Berikut ini beberapa fitur utama E63

Kamera

Kameranya 2MP (1600 x 1200) dengan fasilitas flash light dan cermin self potrait. Pengaturan dan fiturnya sudah cukup komplit, ada pengaturan untuk color tone dan white balance, ada pengaturan sequence mode dan night mode serta digital zoom dan self timer. Kualitas hasil kameranya cukup baik, terutama untuk pengambilan gambar outdoor. Pengambilan gambar indoor dengan pencahayaan yang kurang, hasilnya masih terdapat banyak noise dan overlight pada beberapa bagian. Namun, untungnya dengan sistem operasi terbuka Symbian, kita dapat menginstall aplikasi tambahan untuk memperkaya fitur kamera.

Kualitas kamera untuk video-nya masih sangat standar, yaitu hanya 15 fps dengan resolusi QVGA.

Pemutar Audio

Walaupun masuk dalam tipe seri E, namun E63 memiliki fitur pemutar audio yang tidak kalah dengan seri Xpress Music. Fitur Shuffle, repeat, equilizer yang lengkap (booster, classical, jaz, pop, rock), pengaturan balance, loudness dan stereo widening sudah tertanam di dalamnya. Keluaran suaranya juga cukup baik dan jernih, walaupun tidak begitu keras dan menghentak. Hasil lebih baik lagi apabila kita menggunakan headset 3.5 mm jack male.

Office

Tidak mau kalah dengan ponsel berbasis WinMo, Nokia bekerjasama dengan Symbian mengembangkan aplikasi strategis untuk urusan office, yaitu QuickOffice. Fitur ini dapat membuka file berekstensi .doc (word), .xls (excell) dan .opt (power point). Tidak hanya melihat (viewer), namun kita juga bisa melakukan fungsi edit dan add new dokumen.

Voice Aid

Seperti fasilitas Voice Recognition pada seri Moto Q, Nokia E63 disuntikkan fitur yang sangat bermanfaat khususnya bagi para tuna netra. Fitur ini dapat menuntun kita dengan hanya cukup mendengar hingga masuk ke dalam sub menu. Kita bisa melakukan panggilan dan mencari daftar kontak lewat panduan suara pada voice aid ini. Hanya saja, menu dalam bahasa Indonesia masih belum ada, dan ini cukup disayangkan.

Nokia Maps

Dengan fasilitas A-GPS dan pre-loaded nokia maps yang bisa diinstall dari situs nokia resmi, Nokia E63 menawarkan fungsi menarik dalam hal navigasi. Kita dapat melakukan perjalanan tanpa takut tersesat dengan fitur ini, sebab Nokia Maps cukup signifikan di dalam mengambil gambar peta Indonesia lengkap dengan jalan-jalannya, khususnya di Jawa.

Nokia Messaging

Fitur ini dapat kita install gratis melalui ovi store. Dengan Nokia Messaging kita dapat menerima email secara real time seperti ponsel BB. Hanya saja, aplikasi ini cukup menguras baterai dan memori.

Kinerja dan Baterai

Dengan prosesor yang sama dengan E71, yaitu ARM 11 – 396 Mhz single CPU dan memori internal 110 Mb, E63 cukup responsif di dalam menjalankan fungsi-fungsi utamanya dan selama beberapa tahun pemakaian, E63 saya belum pernah mengalami hang. E63 support memori eksternal upto 8G.

Baterai yang digunakan adalah LiPo BP-4L dengan kapasitas 1500 mAh. Kapasitas yang cukup lega untuk menjalankan fungsi dan fitur-fiturnya. Dalam sekali charge, diklaim waktu stand by upto 432 ham dan waktu bicara upto 11 jam.

Pengalaman menggunakan E63, dengan penggunaan normal untuk telpon, sms dan browsing via UMTS dan WiFi, ponsel dicharge 1.5-2 hari-an. Namun, apabila mengaktifkan fitur Nokia Messaging, hampir setiap hari selalu melakukan charge.

Kesimpulan

Dengan harga saat ini (20 November 2009) yang berkisar antara 2-2.1 juta (di Surabaya), saya rasa ponsel ini sangat worthed untuk dimiliki. Apalagi mengingat menjamurnya ponsel-ponsel qwerty ala blackberry, Nokia E63 tetap bersinar dan masih terbaik di kelasnya.

About these ads
  1. 7 Desember 2009 pukul 15:54 | #1

    mas setelah ku pertimbangkan antara HP LG GW300 dan HP Nokia E63 aku memilih E63 meskipun agak merogoh kocek yang lumyan bnyk…menurut mas apa sy g salah pilih?trus untuk mendownload aplikasi,game,thema dll yang bisa langsung di instal….situs nya apa mas?
    makasih mas untuk sekian kalinya…hehehehe

    Wah LG GW 300 bukan kelasnya Nokia E63, yg jadi rival kuat E63 adalah ponsel ber-OS terbuka dengan harga selevel, seperti Samsung C6625 Valencia dg Winmo-nya, Moto Q9h juga dengan dg os winmo atau BB 8310/8320 yg kesemuanya pd kisaran 2 juta-an. Kalo disuruh milih, saya pribadi lbh prefer E63, sebab sudah komplit dg jaringan 3G-nya, WiFi, Symbian OS yg bisa dioprek, dll. Jadi menurut saya Anda tdk salah pilih…
    Untuk aplikasi themes, games dls, utk E63 banyak. Tapi, ada trik dan caranya, sebab seringkali masalah utk meng-oprek nih ponsel adalah pd certificate, yg kita perlu menambahkan certificate dulu sblm bisa diisi dg themes yg ada.
    Untuk mengoprek/modding Nokia E63 Anda, coba Anda pelajari dan aktif di forum2 ponsel, seperti Kaskus, dls. Coba mas cek di sini.

  2. HanSaka
    14 Desember 2009 pukul 03:12 | #2

    Secara garis besar, bagus mana nokia E63 dan 6625 valen? dilihat dari fitur, os dan kemudahan pengoperasian?

    Kalo dari kemudahan, maka Symbian lebih banyak yang bilang lebih simple dan mudah.
    Dari fitur, maka kedua2nya juga menyediakan OS terbuka yg bisa disuntikkan aplikasi fihak ketiga utk lebih memperkaya ponsel.
    Sebenarnya, dari sisi konektivitas, maka Nokia E63 sudah support WiFi, tapi blm HSDPA (3.5 G dan ga ada camera sekunder utk video call), sedangkan Valend sudah HSDPA namun minus WiFi.
    Baterai, Nokia E63 lebih tangguh daripada Valen, yang walaupun kapasitasnya besar namun cukup boros daya.
    Secara umum, Nokia E63 lebih baik daripada Valencia, namun Valen juga memiliki kelebihan yg tdk dimiliki oleh E63, seperti HSDPA, Microsoft Exchange, dll.

  3. herion
    15 Desember 2009 pukul 13:46 | #3

    mas bagusan mana, java sama symbian ?!!
    KLo symbian e63 buat ngoperasin 2 ato lebih aplikasi bisa g yaa.. ??

    Ya tentu saja bagusan symbian, dan symbian lebih tangguh dalam masalah multitasking.

  4. Rachman NEmo
    27 Desember 2009 pukul 07:22 | #4

    Juragan..sy sbg user e63, maklum karena new user lagi seneng2nya otak-atik..gak tau knp, tiba2 jaringan untuk provider hilang (sebelumnya simpati), ga bisa dihubungi atau cek pulsa sama-sekali… saya sudah coba setting wizard tetep gak bisa…ganti kartu pake provider yang sama tetap gak bisa….tapi kalo provider diganti pake xl jadi normal kembali..kenapa yah…?!
    Thanks juragan!!

    Wah, coba langsung dibawa ke gerai telkomselnya aja bos. Mungkin ada settingan yang terhapus atau error. Atau bisa juga diperiksakan ke Nokia Centernya juga.

  5. Ulfan Mahatma Indra
    31 Desember 2009 pukul 08:11 | #5

    aq punya hp Nokia N73 expressmusic…kira2 harga jualnya berapa???
    misalnya klo mao tukar tambah ama E63 kira2 nambah berapa ya???

    mao tanya harga standart E63 yg sekarang brapa???

    Sorry bos, ga tiap hari bisa online dan membalas komen.
    Liat kondisi dulu bos, kalo N73-nya masih bagus bisa 1.3 jutaan tuh. Kalo mulus bisa naik lagi. Nokia E63 baru sekarang sekitar 1.95-2.1 jutaan.

  6. Ulfan Mahatma Indra
    31 Desember 2009 pukul 08:20 | #6

    gan bls donk…cpt!!!
    aq tunggu sekarang ne,,aq butuh bgtz.

  7. ida
    24 Mei 2010 pukul 04:29 | #7

    Aq pengin ganti hp, saat ini punya nokia 6120 classic kondisi mulus..kira2 bisa dijual berapa ya?
    Rencana pengin ganti pake qwerty dan tertarik juga pake E63. Dalam waktu dekat katanya Nokia akan meluncurkan qwerty murah C3. Tapi kepikir juga pengin pake Samsung B7320. Mending pake mana ya diantara ke 3 ini?

    Kalo ada budget jelas Samsung B7320 Omnia Pro lbh canggih. Kalo mau yg murah meriah dengan fitur cukup lengkap C3 sdh layak pakai.

  8. 3 Juni 2010 pukul 11:26 | #8

    harganya berapa……

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: