Beranda > Bakrie Telecom (ESIA), HP CDMA, HP Qwerty, Huawei, Operator, Ponsel Lokal/Cina, Ulasan > HUAWEI C6100 aka ESIA ONLINE : CDMA QWERTY “MURAH” KAYA FITUR

HUAWEI C6100 aka ESIA ONLINE : CDMA QWERTY “MURAH” KAYA FITUR


Sebenarnya, Saya sudah lama menggunakan dan mereview ponsel ini, tepatnya bulan Februari silam. Saya juga telah meng-uteg-uteg fitur dan isi dari ponsel ini. Namun baru sekarang sempat mempostingkannya. Mudah-mudahan, review ini masih up to date dan bisa memberikan bermanfaat. Di dalam review ini, Saya akan lebih banyak menggunakan gambar, sebab gambar lebih dapat berbicara banyak.

UNBOXING

Di dalam kardus Huawei C6100 aka Esia Online, terdiri dari : handset, earset, kabel data (sekaligus konektor charger), kepala charger, baterai 1 buah, manual book dan kartu garansi.

Dimensi, Desain & Material

Esia Online memiliki ukuran yang ramping namun agak panjang. Panjangnya 11.6 cm dengan lebar 5.6 cm, dipadu dengan ketebalan 1.4 cm, cukup nyaman digenggam. Untuk ponsel qwerty, Esia Online ini memang agak keluar dari kebiasaan, sebab layarnya ini dalam posisi potrait, tidak seperti ponsel qwerty lainnya yang landscape. Inilah yang menyebabkan ponsel ini kelihatan agak panjang.

Dipadu dengan paduan bahan plastik keras glossy pada bagian depan dan doff pada belakangnya, dengan lis metal silver di sisi-sisinya, diimbangi dengan ujung-ujung yang rounded, menampilkan sebuah desain ponsel qwerty yang apik dan cantik. Cukup nyaman digenggam oleh tangan.

Bagian depannya setengah bagiannya didominasi oleh layar 2.4 inci TFT berkedalaman 262k warna dengan resolusi 240×320 piksel. Setengahnya lagi diisi oleh keypad qwerty yang tersusun rapi menyembul, dengan tombol navigasi lingkaran dari bahan logam. Tombol call dan end (yang juga berfungsi on/off) juga dari bahan logam dengan bentuk setengah lingkaran. Komposisinya tampak menarik dan cantik. Di sela-selanya terdapat dua tombol soft key dan tombol pintasan ke YM dan Email.

Bagian belakang, hanya ditempati lensa kamera beresolusi 1.3 MP , dan diiringi di sampingnya dengan speaker yang berbentuk seperti bintang salju.

Pada bagian atas, hanya terdapat port audio 3.5 mm jack universal.

Bagian bawah hanya ada lubang kecil untuk fungsi mikrofon.

Sisi kirinya polos, tidak memiliki port atau tombol apapun. Hanya di bagian ujung atasnya terdapat lubang untuk gantungan tali.

Di sisi kanan hanya terdapat port mini USB yang berfungsi untuk transfer daya dan data.

Keypadnya tersusun rapat dan menyembul. Walau berukuran kecil, namun keypadnya sangat empuk dan nyaman dipencet. Saya gunakan untuk mengetik cepat, responnya bagus dan Saya jarang salah ketika memencet.

Layar & Interface

Sebagaimana telah disinggung, layar Esia Online berukuran 2.4 inci dengan kedalaman 262.000 warna. Layarnya jernih dan jelas. Tampilan homescreennya juga menarik, di mana kita dapat mengatur pintasan program atau aplikasi yang sering kita gunakan di layar homescreen yang muncul di bagian atas layar. Tidak seperti tampilan ponsel lokal lainnya yang meniru menu ala blackberry atau nokia e series-nya.

Tampilan menunya grid dengan formasi 3×4.

SMS dapat menampung 500 inbox, dan pesan terkirim dapat tersimpan di kotak keluar. Tidak seperti kebanyakan ponsel lokal lainnya yang tidak menyediakan penyimpanan fungsi pesan terkirim. Tidak ada fungsi MMS.

Kontak phone book berkapasitas 1000 dengan detail mobile, home, work, mail, dll.

FITUR-FITUR

Facebook

Esia Online, memiliki aplikasi facebook yang benar-benar aplikasi, bukan sekedar pintasan seperti ponsel lokal lainnya. Tampilannya cukup menarik, seperti tampilan FB pada BB. Namun, untuk menggunakannya kita harus berlangganan terlebih dahulu, dengan biaya Rp.3.300/minggu. Untuk beberapa ponsel yang masih mendapatkan promo, akan mendapatkan gratis 30 hari.

Namun, aplikasi ini sepertinya masih belum stabil dan sering mengalami error dan gangguan.

Untuk menggunakannya, sama seperti kita mengakses facebook di tempat lain, masukkan akun kita dengan password. Anehnya apabila kita mencentang “simpan data saya” dan “login otomatis”, fungsi ini tidak begitu berguna, sebab apabila Anda keluar dari FB, Anda tetap harus mengisi kembali akun Anda.

Kelemahannya lagi, kita tidak dapat menulis langsung di dalam box/form, kita akan lari di dibawa ke editor teks ponsel.

Ketika login, akan ada beberapa notifikasi, ikuti aja semuanya. Waktu loginnya juga cukup lama, sekitar 5 menitan –tergantung jaringan dan lokasi juga-.

Di bawah ini adalah tampilan aplikasi FB Esia Online. Kita dapat mengupdate status, mengomentari status teman, dls. Di aplikasi ini ada 4 tab, yaitu “beranda”, “wall kita”, “teman” dan “notifikasi”.

Kita juga dapat mengupload foto/gambar, dengan cara memilih “kirim gambar”.

Dengan fasilitas ini kita bisa melampirkan gambar dari kamera atau files.

Untuk dari files, kita pilih filesnya di lokasi folder mana.

Jika sudah tinggal klik upload.

Jika selesai, maka pilih saja keluar dari aplikasi.

Menarik dan cukup menghibur.

Yahoo Messenger

Sekarang mari kita menjajal fitur Yahoo Messenger (YM)-nya.

Sama seperti FB, kita cukup masukkan akun kita beserta password, lalu pilih login. Kalau di YM, fitur login otomatis dan data kita tersimpan, jadi pada saat kita login kembali, tidak perlu repot memasukkan akun kembali.

Tampilannya cukup menarik dan tidak begitu lambat seperti FB.

Kita juga bisa ganti status YM kita dengan memilih “Menu” kemudian “Statusku”

Ketika kita chatting, akan ada notifikasi jika rekan yang kita ajak chat membalas.

Kita bisa mem-BUZZ  rekan kita

Kita juga bisa kirim smileys lho…

Ohya, YM ini juga perlu berlangganan. Rp. 3.300/minggu, atau yang mendapatkan promo, gratis YM-an selama seminggu.

Setelah selesai kita langsung keluar saja, tanpa perlu sign out agar ketika kita masuk ke YM lagi, otomatis kita tersambung ke akun  kita.

Fitur Google Talk juga mirip dengan fitur YM, jadi tidak diulas tersendiri.

Esia Messenger

Ini salah satu andalan Esia saat ini. Tidak mau kalah dengan Black Berry ataupun vendor ponsel lokal semisal Nexian, TiPhone  atau vendor Singapura, Micxon, yang turut meramaikan dunia messenger. Esia juga mengeluarkan messenger sendiri yang cukup murah dan menghibur. Biayanya gratis sampai bulan Juni, setelah itu bayar Rp. 1.100/bulan. Cukup murah?!

Di aplikasi ini, kita bisa memposting status, mengubah profile, mengupload foto profile, dan menambah teman.

Menambah teman sangat mudah, cukup masukkan saja nomor ponsel dan kode arenya.

Sayangnya aplikasi ini tidak dapat berjalan background terus menerus seperti BBM, tidak memiliki smileys, pertukaran file hanya gambar saja dan kadang-kadang hape suka restart sendiri apabila chattingnya terlalu lama. Namun, mesej yang dikirim ke kita, akan ada notikasi suara dan penjelasan bahwa kita memiliki pesan di Esia Messenger.

Aplikasi Chat & Date memiliki interface yang sama dengan Esia Messenger. Hanya saja, aplikasi ini memiliki room dan group. Oleh karena itu, ulasannya gak jauh beda dengan Esia Messenger.

Email

Esia Online juga menyediakan fitur pull email. Kemampuannya lumayan juga waktu Saya coba, cukup cepat menarik email. Sayangnya, tampilannya belum support html, belum bisa buka attachment files dan biayanya cukup mahal, Rp. 5.500/minggu.

Kita bisa menambah beberapa akun email di aplikasi ini.

Viva News

Esia Online tidak hanya menyediakan fitur messaging dan social networking. Namun portal berita juga digandeng. Vivanews di sini dipilih untuk menyediakan konten berita dalam sebuah aplikasi khusus. Jangan lupa berlangganan Rp. 3.300/minggu.

Esia Music Box

Tidak hanya fitur online, fitur musik pun juga disuntikkan di ponsel ini. Kita bisa mengunduh musik di esia music box sepuasnya dengan Rp. 1100/hari. Pilihannya ada New Releases, Top Hits, dll.

Sebelum membeli, kita juga bisa mencobanya dulu. Caranya dengan memiliki preview music.

Karaoke

Tidak hanya menyediakan fasilitas download musik. Karaoke pun ada. Tinggal pilih lagunya dan teks karaokenya akan keluar.

Info Musik

Selain itu, Esia Online juga menyediakan informasi seputar musik.

Esia Hidayah

Masih teringat dengan hape Esia Hidayah yang dikeluarkan Bakrie Telecom bulan Ramadhan kemarin? Kini semua fiturnya pun sudah terinstall di hape Esia Online ini.

Kita bisa membaca al-Qur’an dan terjemahannya, dipandu dengan bacaan para imam timur tengah.

Kita juga bisa membaca hadits-hadits nabi.

Kita juga bisa berlangganan adzan untuk sholat 5 waktu. Jadi setiap waktu sholat datang, ponsel kita akan berbunyi adzan timur tengah.

Dengan aplikasi ini kita juga membaca berita dunia Islam, seputar panduan haji & umroh dan informasi lainnya. Jangan lupa, semuanya tidak gratis.

Esiaku

Fitur ini menyediakan konten buat ponsel kita, berupa ringtones, wallpaper, dll. Namun sekali lagi, tidak gratis!!

Internet Browsing

Esia Online sudah disuntikkan WAP Browser berplatform Netfront. Netfront dikenal sebagai pengembang aplikasi browsing ringan yang banyak digunakan ponsel Sony Ericsson. Browser ini cukup cepat untuk digunakan browsing, tidak kalah dengan Opera Mini.

Sayangnya, Esia dalam hal data bisa dikatakan sebagai operator termahal. Biaya akses datanya Rp. 275/menit (incl PPN). Jadi, apabila kita browsing selama sejam, kita akan terkena biaya Rp. 16.500,-. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati apabila menggunakan koneksi data Esia.

Saya memiliki tips untuk berinternet murah dengan Esia. Yaitu, gunakan paket Rp.5000 untuk 100 menit. Caranya ketik : mau[spasi]data kirim ke 234. Tunggu notifikasi balasan. Jika sudah aktif, gunakan untuk download dan update aplikasi. Pengalaman Saya, mendownload file 3-5 MB, dengan browser Netfront dan koneksi Esia, hanya dibutuhkan waktu 1 menit. Jadi, apabila paket ini Anda gunakan untuk download, baik itu file MP3, 3GP, JAR, atau selainnya, Anda bisa mendapatkan sekurang-kurangnya 300 MB. Jadi, dengan Rp.5000 bisa kita gunakan untuk 500.000 KB data. Apabila menggunakan operator lain yang memberikan tarif Rp 1/kb, maka kita harus mengeluarkan biaya Rp. 300.000,-. Lebih murah bukan?!

Tapi jika Anda gunakan untuk browsing ringan saja, maka jatuhnya tentu saja mahal…

Selain Netfront, Esia Online juga sudah disuntikkan browser Opera Mini. Hati-hati jika menggunakan Opera Mini, sebab bonus gratisan dan paket data, tidak berlaku apabila kita menggunakan Opera Mini.

Java Runtime

Esia Online mendukung Java Runtime yang cukup tangguh. Puluhan aplikasi baik games maupun lainnya telah saya install di ponsel ini, dan semuanya rata-rata bisa berjalan dengan baik.

Multimedia

Bicara multimedia, kamera pertama kali yang layak dibicarakan. Kamera Esia Online hanya berkekuatan 1.3 MP fixed focus. Hasilnya kurang bisa diandalkan, apalagi dalam kondisi minim cahaya. Namun, untuk kondisi outdoor dengan cahaya cukup, bisa dikatakan lumayan untuk diabadikan dan diupload di FB. Sayang, tidak ada fasilitas video recordingnya.

Pemutar audio, sudah support MP3, AAC danOCP. Keluaran suara dari speaker bisa dikatakan lumayan. Cukup kencang dengan treble menendang, walau bass tidak begitu kentara. Dengan volume penuh sekalipun suara tidak tampak sember atau pecah. Lebih mantap lagi apabila menggunakan headset 3.5 mm jack male. Suara tampak lebih jernih dan bulat.

Selain itu, files MP3 dapat kita atur sebagai nada dering dan sms.

Jangan tanya tentang radio FM. Sebab ponsel ini tidak mendukungnya.

Konektivitas

Satu-satunya sarana untuk transfer data hanyalah kabel data. Tidak ada bluetooth di dalamnya.

Baterai

Baterai berkekuatan 1000 mAh, menurut spesifikasi resmi, mampu bertahan 7 jam untuk bicara dan 200 jam waktu standby. Dari pengalaman, untuk online yang sering, baterai mampu bertahan 1-1.5 hari. Untuk penggunaan telepon, sms dan online yang jarang, baterai mampu bertahan 2-3 hari.

Kesimpulan :

Kelebihan : Keypad empuk, Baterai awet, Java Engine mumpuni, Layar cerah, Suara bagus, Aplikasi bukan sekedar pintasan, Browser Netfront

Kekurangan : Tidak ada bluetooth, tidak ada perekam video, tidak ada radio FM, firmware kurang stabil, aplikasi tidak bisa berjalan background, tidak support multitask.

Opini Pribadi : Dengan harga 700 ribu-an, Saya rasa ponsel ini layak untuk dimiliki. Sebab fitur online sudah tercover walaupun masih ada kekurangan di sana sini.

About these ads
  1. piyan
    26 Mei 2010 pukul 03:33 | #1

    Hai,
    artikel ini bagus banget, gue oon ama fitur java runtime. emang aplikasi/ games yg bisa diinstal apa aja dan cara instalnya gmn?bisa kirim link games/ aplikasi gak ke email gue.thx

    Banyak bro.
    Coba aja donlot dr gratisindo.com. Buka dr browser bawaannya.

  2. wandi
    5 Juni 2010 pukul 10:28 | #2

    sekarag hrganya berpaan yah

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: